Anatomi Rambut Manusia

ANATOMI RAMBUT MANUSIA

Sains dari lapisan terluar: Kutikula 

Kutikula adalah pelindung yang melindungi bagian luar tiap helai rambut yang melapisi korteks dan bertanggung jawab atas kilau dan tekstur rambut manusia. Kutikula rambut yang normal, memantulkan cahaya dan membatasi gesekan antara helai rambut. Ini terdiri dari 6 sampai 8 lapisan sel yang berlapis dan dilindungi oleh lapisan yang tak terlihat, lapisan lipid yang tahan air, yang bertindak sebagai pelembap alami. Para ilmuwan menyebutnya lapisan lapisan-F (F-layer). Lapisan asam lemak inilah yang secara alami membuat rambut halus dan lembut. Proses kimia seperti pewarnaan, pengeritingan dan pelurusan lapisan-F inilah yang menyebabkan rambut rusak karena paparan kimia. Untungnya, para ilmuwan Pantene sangat ahli untuk menjawab masalah lapisan-F ini. Rangkaian shampo, kondisioner dan perawatan rambut dari Pantene khusus untuk rambut yang diwarnai, diformulasikan khusus untuk pewarnaan rambut rusak dan dapat mengembalikan kilau alami, kelembutan dan penataan.

Penyebab umum lainnya yang dapat merusak kutikula sehat adalah panas yang berlebihan dari pengering rambut, pencatok dan juga cara menyisir. Batasi penggunaan panas untuk rambut Anda, biarkan rambut kering secara alami, dan ketika rambut Anda kering, Anda bebas menatanya.

"Ketika mengeringkan rambut Anda dengan blow dry, jauhkan moncong kira-kira 3 sampai 6 inci dari rambut, jangan tepat di atas rambut!"

Gunakan sisir bergigi jarang, terutama ketika menyisir rambut basah dan cobalah untuk meminimalisir penggunaan sisir rambut (100x sisir semalam akan memberimu rambut sehat itu hanya mitos!). Selain semua langkah pencegahan, penggunaan shampo dan kondisioner yang tepat untuk melindungi kutikula dapat membantu rambut kembali halus dan lembut secara natural. Hasilnya, rambut pun kembali bercahaya dan berkilau!

Jantung dari segalanya: Korteks

Ngomong-ngomong soal pekerja keras, korteks bertanggung jawab untuk hampir semua hal yang menentukan rambut manusia, dari kekuatan, kelenturan rambut, kelembaban sampai warna! Dan untuk masalah kekuatan, korteks lebih kuat dari baja dan dapat ditarik sampai hampir 30% tanpa kerusakan yang signifikan. Sama seperti kutikula, korteks juga dapat rusak juga (biang keroknya sama, pencatok dan alat-alat penata rambut yang menggunakan panas loh!). Ketika ini terjadi, korteks kehilangan kemampuan untuk mempertahankan kelembaban, akhirnya, rambutpun kering. Menjaga rambut agar tetap lembab dengan produk yang tepat adalah kunci untuk mendapatkan dan mempertahankan tekstu rambut yang elastis, lembut dan halus--seperti yang kita dambakan!

Misteri Medulla

Ada dalam struktur rambut manusia yang tidak memiliki fungsi yang berarti, ini ditemukan pada bagian medula rambut. Struktur ini kebanyakan ditemukan pada mamalia, tapi tak pada semua manusia. Bila hal itu terjadi pada manusia, ini ditemukan pada uban.

Tentang pewarna

Pernahkah kamu bertanya-tanya apa yang membuat warna rambut kita begitu unik? Dia adalah melanin, yang merupakan pigmen, yang juga ada di kulit kita. Melanin diproduksi di dalam folikel dan didistribusikan ke seluruh batang rambut. Tapi ada dua sub-jenis melanin, inilah yang menjelaskan kenapa begitu banyak variasi warna pada rambut manusia. Yang pertama adalah eumelanin, yang memproduksi warna hitam dan warna gelap rambut cokelat. Yang kedua adalah Phaeomelanin, ini eksklusif dimiliki oleh mereka yang berambut merah. Campuran dari kedua pigmen inilah yang menciptakan rambut pirang, cokelat dan warna warna lainnya.

Tentang uban

Genetik mempunyai peranan penting tentang kapan kamu dapat melihat ubanmu. Tapi apa yang menyebabkan uban? Ketika waktu berlalu, sel yang memproduksi pigmen rambut yang mewarnai rambutmu akan semakin berkurang. Lain kata, sel pigmen tidak dapat diperbaharui lagi. Dan pada umur 50, 50% manusia akan memiliki uban sebanyak 50%! Untungnya ada banyak pewarna, jadi kamu tak perlu lagi khawatir tentang uban!