Kenali Penyebab Rambut Lepek Dan Cara Mengatasinya

Kenali Penyebab Rambut Lepek Dan Cara Mengatasinya.

Bagi wanita, rambut adalah aset penampilan. Bahkan, mungkin kamu rela untuk bangun lebih pagi demi punya waktu untuk menata rambut agar terlihat memukau. Tapi, cuaca lembap dan panas malah bikin semua usaha terlihat sia-sia. Sudah susah payah mem-blow rambut di pagi hari, baru sebentar beraktivitas, rambut sudah terlihat lepek. Rasanya sebal ya!


Meski terkesan sepele, tampilan rambut lepek rupanya bisa menjadikan penampilan seseorang jadi tidak maksimal. Selain itu, rambut yang lepek pun akan terasa lengket, sehingga dapat membuat para wanita merasa kurang nyaman saat beraktivitas. Kamu tahu enggak, penyebab utama rambut lepek adalah produksi sebum berlebih yang dihasilkan kelenjar minyak alami di kepala. Ternyata bukan cuma itu saja yang bikin rambut jadi lepek, melainkan banyak faktor lain. Apa saja? Read on!

Kenali Penyebab Rambut Rontok

1. Cuaca Lembap dan Panas

Masalah rambut yang cukup banyak dialami oleh wanita di daerah tropis seperti Indonesia, umumnya adalah masalah produksi minyak yang berlebih. Penyebabnya apalagi kalau bukan cuaca yang panas dan lembap yang memengaruhi kondisi sebum di kulit kepala kita, bikin hampir setiap jam jadi rawan lepek. Hasilnya, produksi minyak berlebih akibat sinar matahari dan polusi udara yang terpapar langsung pada rambut. Dalam kondisi ini, pasti ciri-ciri rambut lepek akan mulai menghantui, seperti rambut jadi lengket, terlihat tipis, dan tentunya tidak bervolume.

2. Terlalu Sering Disisir

Maksudnya ingin memastikan kalau tampilan rambut akan selalu terlihat rapih dan memukau. Tapi, kebiasaan ini justru akan merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi minyak berlebih. Jangan heran kalau rambut jadi cepat lepek. Nah, cara untuk mengatasi rambut lepek, cukup sisir rambut setelah keramas. Jika memang harus merapikan rambut, cukup sisir menggunakan jari.

3. Mengikat Rambut Saat Basah

Tidak jarang karena kondisi yang sedang terburu-buru, membuat kamu sering mengikat rambut saat masih basah sehabis keramas. Kebiasaan ini justru akan membuat minyak rambut makin banyak muncul lho. Hal ini karena jika diikat rambut tidak bisa bernapas dan terkena udara segar untuk mengeringkan rambut secara alami. Tentunya kondisi tersebut bakal membuat kulit kepala menjadi makin lembap dan berminyak.

Lalu, bagaimana cara mengatasi rambut lepek?


1. Kenali dan Cari Tahu Penyebabnya

Dari faktor-faktor yang disebutkan di atas, kenali mana yang menurut kamu penyebab rambutmu mudah lepek. Karena, rambut jadi mudah lepek juga bisa berawal dari kondisi kulit kepala yang tidak sehat, seperti berminyak, berketombe, atau rambut rontok sehingga rambut tampak lebih tipis.

2. Keringkan Rambut Dengan Benar

Saat rambut basah, keringkan sambil menundukkan kepala, fokuskan pada akar-akar rambut. Setelahnya, balikkan kepala ke posisi semula dan sisir dengan menggunakan jari-jari tangan saja. Buat para “pecandu” hair dryer, sebaiknya gunakan pada suhu medium agar rambut lebih sehat dan enggak cepat lepek.

3. Keramas Dengan Air Hangat

Ternyata salah satu cara mengatasi rambut lepek adalah dengan mencuci rambut dengan air hangat. Air dengan suhu yang hangat lebih efektif mengangkat minyak yang berlebih di kulit kepala. Tapi, ingat ya jangan gunakan air yang terlalu panas karena bisa menyebabkan rambut rontok.

4. Pilih Shampo Yang Sesuai

Pilih produk perawatan yang aman dan cocok dengan rambut dan kulit kepalamu. Jangan terlalu banyak Jangan terlalu banyak memakai produk sehingga menyebabkan sisa produk tersebut terakumulasi pada kulit kepala dan mengganggu kesehatan kulit kepala. Untuk masalah lepek, kamu bisa pakai Pantene Anti-Lepek. Formulanya ringan dan produk perawatan yang aman dan cocok dengan rambut dan kulit kepala. Diperkaya dengan formula Pro-Vitamin yang ringan dan micro-cleanser untuk membersihkan rambut dengan lembut dari sebum (minyak) berlebih, kotoran, debu, polusi, juga sisa produk berat yang menempel hingga tuntas.

5. Gunakan Kondisioner

Selain penggunaan shampo untuk rambut lepek, cara mengatasi rambut lepek adalah dengan menggunakan kondisioner setelah keramas. Jangan percaya mitos yang mengatakan kondisioner justru bikin rambut jadi cepat lepek dan berminyak. Karena faktanya, dengan menggunakan kondisioner yang tidak mengandung minyak secara tepat bisa mencegah kulit kepalamu memproduksi sebum (minyak) berlebih. Buktikan saja dengan Pantene Kondisioner Anti-Lepek pertama* di Indonesia. Diperkaya formula Pro-V yang begitu ringan dan mudah terurai jika terkena air, sehingga mudah dibilas tanpa meninggalkan rasa berminyak di kulit kepala. Gak cuma itu, dengan pemakaian secara rutin akan menutrisi dan menguatkan setiap helai rambut, sehingga rambut akan terlindungi lebih lama dari sebum (minyak) berlebih penyebab lepek, tampak halus dan mengembang, bervolume, serta mudah diatur. Nah, dengan mengenali penyebab dan solusi rambut lepek di atas, kini kamu gak perlu khawatir lagi dengan tampilan rambut yang ganggu penampilan. Bye, lepek!

Kenali Penyebab Rambut Lepek Dan Cara Mengatasinya