5 Cara Perawatan Kesehatan Tubuh dan Rambut



Aktivitas sehari-hari memaksa tubuh dan rambut kita terpapar polusi dan sengatan matahari. Semakin parah jika aktivitas kamu justru kebanyakan di luar ruangan. Well, jangan dianggap remeh, ya! Karena jika dibiarkan tanpa perawatan rambut dan tubuh yang tepat, bahaya polusi bisa merusak kesehatan lho. Contohnya, jika kamu terlalu sering terpapar polusi dari kendaraan bermotor, kamu akan mengalami penyakit pernapasan, selain itu rambut juga akan jadi mudah rusak dan rontok. Tentunya kamu tidak mau, kan?

Sumber: pexels.com

Nah, kalau kamu gak mau hal ini terjadi, ada baiknya untuk mulai aware memberikan pencegahan dan perawatan ekstra buat tubuh dari bahaya polusi. Seperti apa cara merawat rambut dan tubuh yang tepat? Yuk, Simak tipsnya di sini!

Penuhi Asupan Vitamin C
Did you know? Ternyata vitamin C bisa membantu melindungi tubuhmu dari bahaya polusi lho. Kabar baiknya, gak sulit kok untuk memenuhi kebutuhannya. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan vitamin C dari asupan makananmu. Misalnya, kamu bisa tingkatkan konsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya vitamin C, seperti paprika, lemon, jeruk, semangka, berbagai jenis berries, dan brokoli, agar kebutuhannya terpenuhi dengan maksimal. Dengan meningkatkan asupan vitamin C, secara otomatis kekebalan tubuh meningkat, dan kesehatannya pun tetap terjaga.

Gunakan Payung
FYI, ternyata gak cuma teriknya sinar matahari, tapi air hujan juga harus kita hindari, lho. Khususnya jika kamu tinggal di daerah metropolitan. Kenapa? Karena hujan juga bisa mengandung polusi yang berasal dari udara seperti asap pabrik dan asap dari kendaraan bermotor. Selain itu, kadar asam yang tinggi dari air hujan juga bisa merusak bangunan dalam kurun waktu tertentu. Kebayang gak efek tersebut jika bersentuhan dengan tubuh kita? Maka, lindungilah tubuh kamu dari hujan asam dengan selalu menggunakannya payung kala hujan.

Pakai Masker Hidung dan Mulut
Beraktivitas di luar ruangan berarti kamu harus bersiap-siap terpapar polusi udara seperti debu. Kabar buruknya, paparan polusi yang terus menerus ini bisa membuat saluran pernapasan menjadi hipersensitif dan menyebabkan penyakit paru kronik. Untuk mencegahnya, selalu gunakan masker penutup mulut dan hidung setiap beraktivitas. Kamu bisa selalu menyiapkan masker dalam tas agar lebih mudah untuk dikenakan setiap kali dibutuhkan. 

Selalu Gunakan Sunblock Sebelum Beraktivitas
Bahaya polusi tidak hanya mengancam saat berada di luar ruangan saja, ketika berada di dalam ruangan pun kamu bisa terpapar. Yup, ini disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet yang memang terbukti memberikan dampak negatif buat kesehatan kulitmu. Nah, buat melawannya, wajib banget untuk selalu menggunakan sunblock setiap hari untuk melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet.

Berikan Perawatan Rambut Yang Tepat Untuk Melindunginya
Tahukah kamu? Ternyata rambut itu tiga kali lebih rentan pada efek polusi dibandingkan kulit1, lho. Jadi, bukan cuma tubuh, tapi rambut juga perlu dirawat dengan baik untuk melawan bahaya polusi2 yang menempel di rambut. Caranya adalah dengan rutin merawat kesehatan rambut dan memilih produk perawatan rambut rontok3yang membantu menguatkan akar rambut seperti rangkaian Pantene Hair Fall Control. Kandungan manfaat di dalam Pantene lebih kecil dari partikel debu dan polusi sehingga saat kamu keramas, rambutmu akan bersih dari partikel polusi dan debu yang bisa menyebabkan rambut kasar, rusak dan berujung pada kerontokan rambut. Setelahnya, maksimalkan perawatan rambut rontok dengan Pantene Hair Fall Control 3-Minute Miracle Conditioner agar rambutmu benar-benar terjaga dari polusi.

So, dengan 5 tips di atas, kini tak ada lagi halangan yang berarti untuk bebas beraktivitas outdoor. Yuk, mulai lindungi tubuh dan rambut untuk lawan polusi sedari dini dengan memberikan perawatan yang tepat. 

Keterangan:

1: Berdasarkan studi komputasi yang dilakukan P&G pada permukaan rambut dan kulit terhadap paparan polusi (asap dan debu) 2014] di Singapura
2: debu dan asap
3: rontok karena patah