7 TIPS MUDAH MENGATASI RAMBUT RONTOK SAAT IKLIM TROPIS

Padatnya aktivitas sehari-hari kadang membuat kita tidak sadar dengan bahaya yang ada di lingkungan sekitar. Misalnya saat kita beraktivitas di luar ruangan, kita bisa terkena paparan polusi, seperti asap knalpot kendaraan, debu, bahkan terik sinar matahari. Polutan inilah yang memberikan efek buruk terhadap kesehatan kita. Bukan hanya membuat sesak napas ketika terhirup, zat hidrokarbon dari polusi juga bisa menimbulkan masalah kulit. 

Dan nggak cukup disitu aja, ternyata rambut kita terpapar polusi 3x lebih banyak dari kulit lho. Polusi inilah yang membuat rambut menjadi lengket, rapuh dan bau. PANTES RONTOK! Ternyata ini juga salah satu penyebab kenapa banyak orang-orang suka pakai hoodie saat berkegiatan di luar ruangan atau sedang naik kendaraan umum seperti angkot, metromini, atau ojek.

Tapi jangan khawatir Pulsker, berikut ini ada 7 cara mudah yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi rambut rontok. Yuk, simak sampai akhir!

1. Saat stress melanda, tetap kendalikan emosi ya!

sumber : www.justonhealth.com

Tidak banyak yang tahu jika seseorang mengalami gangguan emosi atau stress yang berlebihan  bisa menyebabkan kerontokan rambut.  Saat seseorang stress, otot syaraf di kepala akan menegang yang menyebabkan akar syaraf rambut melemah. Inilah yang akhirnya menyebabkan kerontokan, Pulsker. Mulai sekarang,  tetap kendalikan emosi saat stress melanda dan tetap bahagia ya!

2. Perbanyak konsumsi makanan sumber protein agar rambut ternutrisi dari dalam

 

sumber : www.dietingwell.com

Makanan yang kita konsumsi juga memberi pengaruh penting pada kesehatan rambut. Disarankan saat makan, perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan protein, gizi dan vitamin yang nggak hanya baik bagi tubuh saja, tapi juga rambut. Beberapa makanan yang baik kita konsumsi untuk kesehatan rambut dan kulit kepala antara lain, ikan salmon, daging, telur, teh hijau dan sumber protein lainnya. 

 

Jangan terlalu banyak makan makanan pedas dan gorengan ya, karena makanan ini penyumbang pengaruh buruk paling banyak pada rambut. Minyak berlebih di kepala akan menyebabkan rambut rapuh dan rontok. 

3.Solusi P3K (Pertolongan Pantene Pada Kerontokan)

Paparan sinar matahari membuat rambut bercampur keringat dan berminyak.  Selain itu, debu dan asap juga bikin rambut menjadi rontok, dan ternyata, fakta menyebutkan bahwa rambut terpapar polusi 3x lebih banyak dari kulit1

Cara mengatasinya nggak cukup dengan keramas, Pulsker. Karena itu, kamu juga harus memilih sampo yang tepat dan bisa mengatasi rambut rontok2 karena polusi3. Nah sekarang sudah ada solusinya nih! yaitu P3K ( Pertolongan Pantene Pada Kerontokan ). Kandungan manfaat dari Pantene Hair Fall Control itu lebih kecil dari partikel polusi, sehingga maksimal melindungi rambut kita dari pengaruh buruk polusi. Rutin mencuci rambut dua hari sekali dengan Pantene Hair Fall Control dan buktikan hasilnya. PANTENE, Lawan Polusi, Lawan Rontok.

 

Rutin mencuci rambut memang membuat rambut menjadi bersih dan segar, Pulsker. Tapi untuk hasil maksimal, gunakan juga Pantene 3 Minute Miracle Conditioner setelah keramas. Selain membuat rambut menjadi lebih halus dan lembut, Pantene 3 Minute Miracle Conditioner juga melindungi rambut dari pengaruh buruk polusi. Pengen kan punya rambut sehat bebas polusi? Beli produk Pantene Hair Fall Control dan Pantene 3 Minute Miracle Conditioner disini. Selamatkan rambutmu dengan Pantene. #kuatitucantik #kuatlawanpolusi.


4. Jangan membilas rambut dengan air terlalu panas

 

sumber : www.sohu.com 

Mencuci rambut dengan air hangat bisa membantu membersihkan kepala dan membantu penyerapan sampo dengan lebih baik.Selain itu, air hangat juga bisa membantu membuka kutikula dan pori-pori di kulit kepala kita. Dengan begitu, minyak, sel kulit mati atau kotoran yang menumpuk dan menyumbat di permukaan kulit kepala bisa mudah luruh bersama air. Tapi jika suhu airnya terlalu panas, akar rambut menjadi mudah patah, rontok dan kering. Jadi sebaiknya membilas rambut dengan air hangat saja ya, atau air dingin lebih baik.

5. Usahakan memijat kepala dengan lembut

sumber : www.sohu.com 

Saat mencuci rambut, hal penting yang bisa kamu lakukan adalah memijat kepala dengan lembut. Ternyata memijat kepala bermanfaat untuk pertumbuhan rambut kita. Memijat kepala secara perlahan dan lembut juga mampu menurunkan ketegangan serta memperlancar aliran darah pada kepala. Selain itu, jika kita melakukan pijat kepala secara rutin, akan berpengaruh baik pada kekuatan rambut. Pijatan lembut di kepala bisa secara efektif mencegah terjadinya kerontokan pada rambut kita. Lakukan pijatan kepala dengan rutin saat mencuci rambut ya, Pulsker!

6. Mulai menerapkan gaya hidup sehat

sumber : www.runnerclick.com

Banyak wanita yang menjalankan program diet ketat hanya memikirkan hasil pada bentuk tubuh ramping saja. Padahal hal itu bisa berdampak kekurangan nutrisi pada rambut dan kulit kepala. Mulai sekarang, aturlah program diet atau menu makanan dengan cara memperbanyak nutrisi dari buah dan sayur, juga lauk pauk berprotein tinggi. 

Rajin minum air putih 2 liter atau setara 8 gelas per hari nggak cuma bikin tubuh sehat aja lho, tetapi rambut kita juga terbebas dari masalah kerontokan rambut. Selain itu, salah satu solusi mencegah kerontokan rambut adalah rajin berolah raga untuk melancarkan peredaran darah sampai di kepala. Yuk, mulai terapkan gaya hidup sehat dan alami untuk menjaga kesuburan rambut!


7. Rutin sarapan setiap pagi

sumber : www.aquavistaresort.com.au

Selain untuk mengisi tenaga kita di pagi hari sebelum memulai aktivitas, manfaat dari sarapan adalah untuk menjaga kesehatan rambut kita. Saat sarapan, sebaiknya konsumsi makanan yang kaya akan protein, gizi dan vitamin yang baik untuk tubuh dan rambut. Kekurangan sumber protein seperti telur, ayam dan daging bias menghambat pertumbuhan keratin rambut. Buat kamu yang malas sarapan, ada baiknya kamu jangan lagi melewatkan waktu makan pagi ini.

 

Nah, itu tadi 7 tips mengatasi rambut rontok, Gampang banget kan? Ayo mulai rawat dan selamatkan rambutmu dari kerontokan karena polusi dengan Pantene. Semoga bermanfaat, Pulsker!

 

Keterangan :

1. Berdasarkan studi komputasi yang dilakukan P&G pada permukaan rambut dan kulit terhadap paparan polusi (asap dan debu) 2014 di Singapura

2. Rontok karena patah

3. Debu dan asap

 

Artikel ini juga di publish di Pulsk di http://pulsk.com/653778/