JANGAN SEPELEKAN, 7 HAL INI TERNYATA BISA BIKIN RAMBUT RONTOK LHO!

Bagi wanita, rambut adalah salah satu hal yang sangat berharga, jadi tidak heran jika ada istilah 'rambut adalah mahkota wanita'. Memiliki rambut yang sehat adalah impian semua wanita. Bahkan para kaum hawa ini rela menghabiskan waktu dan uangnya ke salon untuk mendapatkan rambut indah seperti impiannya.

Sayangnya, wanita yang memiliki mobilitas tinggi cenderung bermasalah dengan rambutnya. Salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh wanita adalah rambut rontok. Sebenarnya, kerontokan masih dianggap wajar apabila jumlahnya kurang dari 100 helai per hari. Kamu sendiri sebenarnya bisa lho memastikan seberapa parah kerontokan rambutmu. Tapi bagaimanapun juga, rambut rontok sangat mengganggu penampilan dan bikin nggak 'PeDe'.

Nah, sebelum mengatasinya, sebaikanya terlebih dahulu kamu mengetahui penyebab rambut rontok agar bisa mengatasinya secara maksimal. Apa saja kira-kira ? Berikut adalah 7 hal yang bisa bikin rambut rontok. Jangan sepelekan ya, Pulsker!

 

Mengikat rambut terlalu kencang

Bagi wanita, terutama yang berambut panjang mengikat rambut dilakukan agar rambut terlihat lebih ringkas, rapi dan juga untuk menunjang penampilan. Akan tetapi, kamu juga harus memperhatikan lemah atau kuatnya ikatan pada rambutmu. Rambut yang terikat terlalu kencang bisa membuat akar rambut tertarik. Hal inilah yang membuat rambutmu menjadi rontok. Jika kamu ingin mengikat rambut, usahakan jangan lebih dari dua jam, karena mengikat rambut bukan hanya bikin rambut rontok melainkan juga sakit kepala.

2. Diet berlebihan

Memiliki tubuh ideal adalah dambaan setiap wanita. Dan diet menjadi salah satu pilihan mudah untuk menurunkan berat badan. Tapi sayangnya, masih banyak wanita yang menjalankan diet nggak sehat untuk mendapatkan hasil instan. Akibatnya, tubuh kekurangan nutrisi yang juga berdampak pada rambut rontok. Jadi, pastikan diet yang kamu jalankan aman dan nggak merugikan kesehatanmu ya, Pulsker.

3. Gangguan emosional atau stress

Kita memang tidak bisa terhindar dari masalah. Hal inilah yang membuat kita menjadi galau dan stress. Bukan hanya mengganggu pikiran, stress juga bisa mengakibatkan kerontokan pada rambut. Ketika keseimbangan hormon terganggu karena stress, darah yang mengalir ke kulit kepala juga akan menurun. Dengan begitu, rambut kekurangan nutrisi yang akhirnya mengakibatkan kerontokan rambut. Mulai sekarang, kendalikan emosimu saat stress.

4. Mobilitas tinggi di luar ruangan

Bagi wanita yang memiliki mobilitas tinggi, mereka dituntut untuk berada di luar ruangan dan terpapar sinar matahari secara langsung. Dan sinar UVA yang dihasilkan matahari menyebabkan perubahan pigmen pada rambut yang menyebabkan rambut berubah warna menjadi lebih terang. Selain itu, jika terlalu lama berada di bawah sinar matahari, berakibat pada berkurangnya keratin rambut.

Keratin merupakan protein yang berada pada rambut, kuku dan gigi manusia. Dan fungsi keratin untuk rambut adalah untuk menjaga kesehatan rambut agar tetap berkilau dan tidak rontok. Untuk solusi rambut rontok klik disini.

5. Polusi

Pada umunya, orang dewasa memiliki 100.000 helai rambut yang hidup rata-rata 4-7 tahun. Dan rambut tumbuh sekitar 1,2 cm per bulan. Normalnya, kita kehilangan sekitar 50-100 helai rambut per hari dari akar di bagian atas kulit kepala kita. Dan ketika kita mengalami kerontokan rambut melebihi 100 helai, itu adalah tanda dimana kita mengalami kerontokan rambut yang tidak normal.

Nah, hal lain yang menyebabkan rambut rontok adalah polusi. Efek polusi pada rambut bisa membuat rambut lebih kasar dan rusak. Hal ini disebabkan oleh partikel kotoran dan debu di udara yang sangat kecil yaitu 80x labih kecil dari folikel rambut kita yang menempel pada permukaan rambut. Partikel ini bukan hanya membuat rambut 20% lebih kasar melainkan juga rentan terhadap rambut rontok. Polusi bikin rambut bau, lengket, rapuh, pantes rontok.

Ahli rambut Andreas Kohloff mengatakan "jangan menggunakan produk yang salah untuk rambut rontok, karena sebaiknya kerusakan rambut yang disebabkan rambut rontok memerlukan perawatan intensif untuk memberikan banyak kelembapan pada rambut dan menjadikannya lebih kuat saat masih basah".

Polusi memang membuat rambut menjadi kasar dan rontok. Untuk melawan dan mencegah efek dari polusi, kamu harus memilih sampo yang tepat dan melindunginya dengan conditioner.

Pulsker bisa menggunakan sampo seperti Pantene Hairfall Control yang memiliki kandungan bermanfaat yang berukuran lebih kecil dari partikel debu. Kandungan ini meresap lebih mudah ke dalam rambut dan mampu membuang zat-zat berbahaya yang mampu merusak rambut.Lawan polusi, lawan rontok!

Yuk cari tahu lebih lanjut tentang rambut rontok dan dapatkan Pantene Hairfall Control disini atau dapatkan di toko-toko terdekat.

6. Sering mencuci rambut dengan air panas

Mandi dengan air panas memang bisa membuat kulit lebih relax. Tapi terlalu sering mandi dan mencuci rambut dengan air panas juga bisa menyebabkan masalah pada rambut. Air panas bisa menyebabkan dehidrasi pada batang rambut yang membuat rambut menjadi rapuh, patah dan rontok. Air panas juga mengurangi minyak alami pada rambut yang menyebabkan kulit rambut menjadi kering dan merusak akar rambut. Baiknya, bilaslah rambut dengan air hangat atau air dingin lebih bagus.

 

7. Terlalu sering menggunakan alat penata rambut

Untuk menunjang penampilan, terkadang wanita menggunakan alat-alat penata rambut seperti hair dryer, catokan dan lain sebagainya agar terlihat lebih cantik dan menarik. Tapi sayangnya, terlalu sering menggunakan alat penata rambut malah memberikan dampak buruk bagi kesehatan rambut, seperti rambut menjadi kering dan membuat akar rambut patah yang mengakibatkan kerontokan. Sebaiknya, jangan sering-sering menggunakan alat penata rambut ya, Pulsker!

Nah, itu tadi beberapa ulasan tentang penyebab rambut rontok beserta solusinya. Semoga bermanfaat ya!

 

 

Artikel ini juga di publish di Pulsk di http://www.pulsk.com/653289