Panduan Lengkap Tentang Masker Rambut

Dalam hair care routine,masker rambut adalah salah satu step penting yang biasanya terdiri dari shampo, kondisioner,dan deep conditioning.Pada bagian deep conditioning ini kita bisa menggunakan masker,minyak,serum rambut,atau produk-produk sejenis.Namun mengapa masker rambut ini sangat penting? Baca sampai selesai ya,karena kami akan menjelaskan semuanya tentang masker rambut.

Apa Itu Masker Rambut?

Masker rambut, sama seperti masker wajah, berfungsi untuk menutrisi dan menghidrasi kulitmu. Manfaatnya adalah untuk memperbaiki kondisi dan meningkatkan kesehatan rambut.

Apa bedanya masker rambut dengan kondisioner biasa? Masker rambut termasuk dalam kategori deep conditioning atau kondisioner rambut intensif karena kandungannya yang lebih terkonsentrasi dibanding kondisioner biasa dan karena masker rambut digunakan lebih lama dibanding kondisioner biasa (antara 20 menit hingga beberapa jam).

Masker rambut bisa kamu buat sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami yang tersedia di dapurmu seperti pisang, madu, atau kuning telur. Atau kalau kamu nggak mau repot, kamu bisa membeli masker rambut di toko-toko. Berikut adalah beberapa contoh resep masker rambut yang bisa kamu coba sendiri di rumah:
1. Telur, madu, dan sari cuka apel (apple cider vinegar) untuk mengatasi rambut kering.Kombinasi ini bisa menghidrasi,menutrisi,dan mengembalikan kilau rambutmu tanpa membuatnya jadi terasa berat.Gunakan 1 sendok teh madu,1 butir telur,dan 1 sendok makan sari cuka apel.
2. Minyak kelapa, gula, dan essential oil untuk mengatasi ketombe akibat kulit kepala kering (flaking). Masker rambut ini membantu menghilangkan kulit kepala yang kering dan mengelupas dan bisa juga digunakan sebagai facial scrub. Gunakan 2 sendok makan minyak kelapa mentah, 4 sendok teh gula, 5 tetes peppermint oil, dan 2 tetes tea tree oil.
3. Madu, sari cuka apel (apple cider vinegar), dan minyak kelapa untuk mengatasi rambut kusam. Bahan-bahan ini bisa melembapkan dan menjaga rambut tetap sehat. Campurkan madu, sari cuka apel, dan minyak kelapa dalam porsi yang sama (perbandingan 1:1).
4. Kayu manis dan minyak kelapa untuk mengatasi rambut yang susah tumbuh. Kayu manis adalah salah satu bahan yang anti-mikroba yang bisa menstimulasi peredaran darah dan merangsang pertumbuhan rambut. Gunakan kayu manis bubuk dan minyak kelapa dalam porsi yang sama (perbandingan 1:1).
5. Green tea dan sari cuka apel (apple cider vinegar) untuk mengatasi kulit kepala yang iritasi. Green tea bisa meredakan iritasi pada kulit kepala karena antioksidan dan nutrisinya. Kamu bisa menambahkan peppermint oil untuk mencegah peradangan serta menghidrasi kulit kepalamu. Bilas rambutmu dengan 1 cangkir green tea, 2 tetes peppermint oil, dan 1 sendok makan sari cuka apel.
6. Putih telur dan lemon untuk mengatasi masalah rambut berminyak. Kandungan enzim protein dalam putih telur bisa mengangkat minyak berlebih dari kulit kepalamu. Gunakan 1 butir putih telur dan perasan setengah potong lemon.
7. Alpukat, telur, dan minyak zaitun (olive oil) untuk mengatasi kerusakan rambut. Rambutmu bisa rusak karena berbagai sebab: penggunaan heat styling tools, polusi, cat rambut, dan lain-lain. Dengan minyak zaitun dan alpukat yang kaya akan omega-3, masker rambut ini bisa memberikan kekuatan dan mengembalikan kilau rambutmu. Antioksidannya juga ampuh untuk menangkal radikal bebas dari polusi sehari-hari. Alpukat juga berguna untuk meremajakan dan melembapkan kulit kepala. Gunakan setengah potong alpukat, 1 butir telur, 1 sendok makan minyak zaitun, 1 sendok makan madu.

Apa Keunggulan Masker Rambut?

Keunggulan utama dari masker rambut jika dibandingkan dengan kondisioner biasa adalah kemampuannya untuk masuk hingga ke dalam kutikula rambut sedangkan kondisioner biasa hanya menutrisi bagian permukaan rambut. Karenanya, masker rambut memiliki benefit yang lebih tahan lama dibandingkan dengan kondisioner biasa. Karena benefit yang tahan lama, masker rambut juga tidak perlu digunakan setiap hari, maksimal 1 kali dalam seminggu. Beberapa benefit dari penggunaan masker rambut antara lain:
1. Rambut yang lebih lembut dan berkilau
2. Memulihkan rambut yang rusak
3. Merehidrasi rambut
4. Cocok untuk perawatan rambut yang diwaranai
5. Cara yang cepat dan relatif terjangkau untuk memanjakan rambutmu

Adakah Alternatif Lain untuk Masker Rambut?

Pada dasarnya masker rambut memiliki fungsi tersendiri yang tidak bisa digantikan oleh kondisioner biasa. Namun setelah melalui berbagai penelitian dan uji coba, Pantene kini hadir dengan kondisioner yang bisa memberikan hasil yang sama dengan masker rambut dengan waktu yang lebih singkat, Pantene 3 Minute Miracle Kondisioner.

Kondisioner Pantene 3 Minute Miracle mampu memulihkan kerusakan rambut selama 3 bulan dalam 3 menit jadi kamu bisa langsung merasakan manfaatnya. Gunakan setiap selesai keramas dan rasakan khasiat deep conditioning-nya setiap hari. Kondisioner Pantene 3 Minute Miracle juga hadir dengan berbagai varian untuk mengatasi setiap masalah rambutmu. Ada Pantene Total Damage Care 3 Minute Miracle Kondisioner untuk memperbaiki dan melindungi kerusakan rambut secara intensif dan juga Pantene Hair Fall Control 3 Minute Miracle Kondisioner untuk perlindungan dari kerontokan. Selain itu kami juga merekomendasikan Pantene Silky Smooth Care Daily Intensive Kondisioner untuk rambut lebih lembut dan bebas kusut.

Masker rambut dan produk perawatan deep conditioning lainnya (seperti serum rambut dan minyak rambut) adalah tahapan penting dalam rangkaian hair care routine kamu untuk membuat rambutmu tetap sehat, kuat, lembut, dan berkilau. Namun kalau kamu mencari alternatif, kamu bisa mencoba Kondisioner Pantene 3 Minute Miracle yang bisa memberikan hasil yang sama dengan lebih cepat dan praktis.

PRODUK TERKAIT