Skip to main content

Peringkat dan Ulasan: Pedoman Hukum dan Kebijakan

Pertimbangan untuk Semua Ulasan:

  • Informasi pribadi pengulas: Peringkat/ulasan konsumen tidak boleh menunjukkan nama konsumen manapun dengan nama lengkap atau memberitahukan informasi pribadi yang dapat diidentifikasi (PII) lainnya. Aturan Utama - Tak seorang pun boleh diidentifikasi melalui sebuah posting.
  • ID pengguna harus menggunakan hanya inisial (atau mungkin nama depan dan inisial nama belakang) dan lokasi. Tidak ada Kota dan Negara Bagian.
  • Komentar yang kasar, tidak etis, cabul, atau profan harus dihapus
  • Ulasan Negatif: Tidak boleh dihapus secara sepihak jika komentar tersebut benar
  • Galeri ulasan dibuat untuk menjadi forum yang jujur mengenai produk-produk P&G. Mencabut ulasan negatif adalah menyesatkan dan menipu konsumen yang membaca ulasan tersebut.
  • Jika ulasan mengandung konten yang cabul, kasar, tidak etis, atau profan, ulasan itu harus dihapus sesuai dengan pedoman standar.
  • Personil Pemasaran tidak memiliki akses untuk menarik atau mengirimkan ulasan: Personil Pemasaran tidak memiliki akses untuk menarik/mengarahkan vendor untuk menarik ulasan apapun kecuali ulasan tidak seharusnya diperbolehkan berdasarkan pedoman memoderatori atau personilPemasaran telah memeriksa dengan divisi Legal terlebih dahulu. Personil Pemasaran tidak boleh menyerahkan ulasan apapun kecuali ulasan tersebut jelas mengidentifikasi bahwa itu telah diposting oleh karyawan P&G dan klaim dalam ulasan itu sepenuhnya terbuktikan
  • Personil Pemasaran yang menarik atau mengirimkan ulasan dapat, sekali lagi, dipandang menyesatkan dan menipu konsumen.
  • Sindikasi Ulasan: Untuk ulasan sindikasi ke situs-situs web selain galeri ulasan di awal, Perusahaan atau merek harus menerima persetujuan dari konsumen untuk menggunakan kembali ulasan mereka untuk tujuan iklan dan/atau promosi di lokasi lain di web. Konsumen harus dipaksa untuk menggulir dan mengklik untuk menyetujui perjanjian (clickwrap) dan harus tegas memilih sindikasi sebelum merek dapat diulas melalui sindikat
  • Sindikasi ulasan tanpa persetujuan dapat menyebabkan liabilitas hak cipta, privasi, dan/atau hak publisitas
  • Pedoman Memoderatori: Divisi Legal telah menciptakan pedoman memoderatori dengan vendor yang disukai (Bazaarvoice dan expotv.com). Merek-merek harus mengkonsultasi pedoman ini dengan pengacara periklanan mereka dan kontak di bagian Peraturan mereka sebelum "menyiarkan" dengan suatu program peringkat/ulasan, dalam rangka membahas penggunaan kata-kata atau frase bermasalah. Ini adalah langkah yang diperlukan – segmen spesifik di pedoman memoderatori tersebut mengidentifikasi proses ini.

Pertimbangan untuk Ulasan Berinsentif: Hal ini didasarkan pada Pedoman Pengesahan FTC AS (FTC Endorsement Guidelines) tetapi berlaku untuk Asia karena pedoman ini sejalan dengan aturan transparansi. Pedoman Pengesahan FTC AS mewajibkan (a) perusahaan menjadi transparan dalam (mengungkapkan) hubungan mereka yang "disponsori" dan (b) perusahaan peserta pemasaran mulut ke mulut yang disponsori, untuk membuat klaim yang dapat didukung. Program pemasaran mulut ke mulut P&G biasanya akan dianggap hubungan "disponsori" karena mereka memiliki indikasi berikut ini: (i) hubungan Perusahaan atau merek dengan pihak berpengaruh online sedang berlangsung; dan (ii) mereka memberikan kupon, sampel gratis, uang atau bentuk lain untuk pertimbangan kepada orang-orang tersebut. Perusahaan atau merek diwajibkan mengambil langkah-langkah yang tertera di bawah ini baik mereka meminta atau tidak meminta pihak berpengaruh untuk mengirim konten tentang produk mereka. Merek juga diwajibkan untuk mengikuti proses ini ketika mereka terlibat dengan pihak berpengaruh secara langsung dan ketika mereka meminta pihak tersebut melalui agensi-agensi lain. Pengungkapan: Pengulas harus mengungkapkan dengan jelas dan mencolok bahwa mereka telah diberi sampel, kupon, uang atau bentuk lain untuk pertimbangan dari merek atau Perusahaan Periksa dengan divisi Legal untuk memastikan bahwa pengungkapan jelas dan mencolok Klaim Tipikal dan Dapat Didukung: Pengulas berinsentif harus membuat klaim yang tipikal dan dapat didukung. Jika pengulas berinsentif mewakili bahwa mereka menggunakan produk, klaim mereka harus mewakili pengalaman asli mereka dengan produk tersebut Periksa dengan bagian Legal untuk daftar klaim yang berterima dan tidak berterima. Pemantauan atas Ulasan Insentif: Setelah P&G menjalin hubungan dengan peserta pemasaran mulut ke mulut (word-of-mouth), memberikan produk/sampel/kupon miliknya, dan memicu perlunya ulasan berkala atas posting-nya, seharusnya P&G tidak menghiraukan pengungkapan (atau ketiadaan) dan klaim yang dibuatnya. Kegagalan untuk melakukan hal tersebut menyebabkan baik pengiklan dan peserta pemasaran mulut-ke-mulut dapat dikenakan liabilitas atau pertanggungjawaban. Periksa dengan bagian Legal untuk membuat program pemantauan yang berterima dan patuh terhadap pedoman ini.

Pertimbangan untuk Merek Kesehatan atau Obat Bebas (OTC): Karena pengawasan di seputar klaim obat, penggunaan obat off-label dan potensi efek samping yang merugikan, (i) peringkat/ulasan untuk merek obat bebas hanya boleh dilakukan melalui sistem peringkat/bintang - tidak boleh ada komentar yang diposting kecuali rencana spesifik dan rinci dikerjakan melalui Legal/Peraturan; dan (ii) personil firma Hubungan Masyarakat tidak boleh menangani pengelolaan komunitas interaktif apapun atau mendengarkan secara online dan menanggapi mengenai merek obat bebas