Mau Tahu 3 Penyebab Rambut Rontok? Baca di Sini Jawabannya!



Memasuki musim panas, pasti kamu sudah terbayang teriknya sinar matahari yang akan menemani aktivitas harian. Meski cuaca cerah memang nyaman untuk melakukan kegiatan di luar ruang, kamu tetap wajib memerhatikan tiga faktor yang ternyata dapat menjadi penyebab rambut rontok. Enggak mau dong rambut rontok berlebihan akibat matahari? Yuk, kita bahas penyebabnya berikut cara mengurangi rambut rontok.

1. Sinar Matahari

Memang sudah bukan rahasia lagi bahwa sinar UVA dan UVB dari matahari memiliki efek yang lumayan berpengaruh untuk memicu kerontokan rambut. Tapi sebenarnya, apa sih hubungan keduanya? Rambut yang terlalu sering terpapar matahari lama-kelamaan unsur keratinnya akan berkurang. Karena matahari sendiri memiliki kemampuan mengkatalisasi reaksi oksidasi untuk menghancurkan keratin. Saat terkena sinar UV, ion tembaga di rambut teraktivasi lalu meningkatkan produksi radikal bebas yang akan menyerang protein di rambut.
Nah, kalau rambut sudah kekurangan protein, rambut menjadi lemah dan rapuh sehingga mudah rontok. Cara mengurangi rambut rontok akibat sinar matahari tentu saja dengan menghindari paparan matahari yang terlalu lama. Coba gunakan topi atau lindungi kepala dengan scarf saat keluar rumah.

2. Keringat

Saat rambut berada di bawah terik matahari untuk waktu yang lama, kulit kepala akan memproduksi keringat dalam jumlah banyak. Hal ini membuat kulit kepala lembap sehingga rambut pun lebih mudah rapuh dan akhirnya rambut rontok berlebihan. Cara mengatasi penyebab rambut rontok yang satu ini adalah dengan rajin keramas dan membersihkan rambut secara rutin. Sehingga tidak akan ada sisa minyak menumpuk yang menutupi pori.

3. Polusi

Polusi tidak hanya merusak kulit saja lho! Faktanya, polutan yang menyebar di udara mempunyai ukuran partikel yang sangat kecil. Partikel mikroskopis ini berukuran 20x lebih kecil dari pori-pori kulit kepala. Karena ukurannya yang mungil, maka polutan dengan gampang bisa menyumbat kulit kepala dan folikel rambut. Makanya, nggak heran ketika rambut kita terkena polusi maka rambut jadi bau, lengket dan rapuh. Saat polutan yang menempel semakin banyak, rambut pun lebih berat sehingga akhirnya patah lalu rontok.

Solusi Rambut Rontok

Jangan khawatir, karena solusi rambut rontok yang ampuh itu nggak bikin ribet. Jadi apa yang harus kamu lakukan?

1. Ganti shampo

Cara mengurangi rambut rontok adalah dengan mengganti shampo dengan produk yang tepat. Pantene Hair Fall Control baru memiliki kandungan dengan ukuran partikel yang lebih kecil dari debu. Bahan aktif ini dengan gampang akan terserap ke dalam kulit lewat folikel rambut yang berfungsi untuk menguatkan akar hingga ujungnya.

2. Konsumsi makanan protein tinggi

Mengonsumsi protein sangat penting untuk memperkuat helaian rambut dan meningkatkan pertumbuhannya karena folikel rambut terbuat dari protein.  Tambahkan makanan seperti telur, ikan salmon, alpukat hingga kacang-kacangan ke dalam menu harian.

3. Perkuat dengan rangkaian perawatan rambut

Agar maksimal, gunakan produk dari rangkaian Pantene Hair Fall Control seperti kondisioner hingga hair mask agar mahkota indahmu siap melawan penyebab rambut rontok.

Nah kini tak ada lagi cerita rambut rontok berlebih yang bikin panik. Yuk, nikmati musim panas tanpa rasa khawatir akan rambut rontok.