Cara Terbaik Mengatasi Rambut Rontok

mengatasi rambut rontok

Kamu pasti pernah ‘kan merasa khawatir saat mendapati banyak rambut rontok saat keramas? Rambut rontok adalah salah satu masalah yang paling sering dialami perempuan, terutama saat keramas. Dan itu adalah hal yang lumrah terjadi pada semua orang.

Tapi pada kenyataannya, banyak perempuan yang lalu menjadi khawatir dan memutuskan untuk mengurangi frekuensi keramas dan berharap itu akan juga mengurangi kerontokan rambut. Padahal solusi untuk rambut rontok bukannya berhenti membersihkan rambut tapi merawatnya agar tidak rontok saat keramas.

Solusi terbaik untuk rambut rontok adalah dengan menutrisinya agar kuat dan sehat.

Yang Perlu Diperhatikan untuk Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok saat keramas biasanya disebabkan karena rambut tersebut sudah lemah dan rapuh terlebih dahulu karena berbagai hal (faktor lingkungan dan faktor personal). Berikut adalah beberapa tips untuk menanggulangi kerusakan rambut yang kita alami setiap hari.

Jangan berhenti membersihkan rambut

Reaksi umum saat mendapati rambut rontok saat keramas adalah dengan mengurangi frekuensi keramas. Padahal keramas itu penting untuk kebersihan dan kesehatan rambut serta kulit kepala. Justru dengan mengurangi frekuensi keramas, akan semakin banyak rambut yang rontok. Ini alasannya:
1. Saat rambut tidak dicuci, semua sebum, sel kulit mati, kotoran, dan tumpukan residu produk akan membuat rambut menjadi kusam dan membebani rambut, berujung pada lebih banyak lagi rambut rontok.
2. Saat rambut tidak dicuci, hal itu akan membuat lingkungan yang ideal bagi ketombe untuk muncul, yang menyebabkan kamu akan menggaruk-garuk kepala karena gatal. Dan hal itu tidak sehat untuk rambut dan kulit kepala apalagi kalau kamu sedang mengalami masalah rambut rontok. Di kasus-kasus ekstrim, ketombe bahkan bisa menyebabkan rambut rontok.

Keramas dengan shampo yang baik adalah cara utama menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala dari sel kulit mati, minyak, sebum, dan kotoran-kotoran yang bisa menyebabkan ketombe dan masalah rambut lainnya. Gunakan shampo yang tepat untuk melawan gejala rambut rontok. Pilih yang bisa menebalkan dan menguatkan rambut atau yang membantu memberikan volume untuk rambut yang menipis. Shampo anti-rontok biasanya sudah meliputi semuanya.

Kurangi kerusakan rambut

Kita tidak bisa menghindar dari cahaya matahari, polusi, dan kotoran dari aktivitas kita sehari-hari. Banyak partikel mikro yang menempel pada kulit kepala dan menghambat pertumbuhan rambut. Selain itu polusi juga bisa membuat kulit kepala sensitif, rasa gatal, ketombe, produksi minyak alami rambut berlebih, dan kerusakan akar rambut. Semua gejala itu bisa berujung pada rambut rontok, baik yang disebabkan karena menggaruk kepala atau karena iritasi. Untuk menjaga rambut dan kulit kepala terbebas dari tumpukan polusi yang berlebih, sangat penting bagi kita untuk menjaga kebersihan rambut dengan mencucinya secara teratur.

Selain polusi ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang juga merusak rambut:
1. Menggunakan catokan dengan suhu tinggi
2. Berenang di kolam yang mengandung kaporit
3. Mengikat rambut terlalu kencang
4. Menyisir rambut terlalu keras

Tapi tidak perlu sampai ketakutan untuk beraktivitas dengan normal karena kondisi rambut dapat diperbaiki dan dilindungi dari kerontokan. Coba rangkaian Pantene Perawatan Rambut Rontok yang bisa melindungi rambutmu dari polusi, mencegah rambut patah, dan dapat digunakan sehari-hari untuk mengurangi rambut rontok.

Berikan nutrisi yang memperkuat rambut

Menggunakan shampo dan kondisioner yang baik secara rutin dapat menutrisi, memperbaiki, menguatkan, dan melindungi rambutmu dari kerontokan rambut. Kami merekomendasikan Pantene Shampo Perawatan Rambut Rontok yang diperkaya dengan vitamin Pro-V yang membuat kamu tak lagi khawatir rambut rontok saat keramas. Kami juga punya Pantene Kondisioner 3 Minute Miracle Hair Fall Control yang bisa memperbaiki 3 bulan kerusakan rambut dalam 3 hari serta memperkuat akar dan mengembalikan kilau rambut

Asupan makanan yang sehat

Rambut yang sehat berasal dari asupan gizi dan protein yang sehat pula. Menjaga asupan makanan yang baik sangat penting untuk memperbaiki kondisi dan merangsang pertumbuhan rambut dari dalam. Selain itu, kamu juga perlu perlindungan dan dukungan dari luar agar rambutmu semakin kuat.

Kesimpulannya, rambut rontok saat keramas itu normal, kok. Dan hal itu bisa dengan mudah diatasi jika rambutmu kuat, sehat, dan ternutrisi. Walaupun ada beberapa faktor seperti genetik dan hormon yang tidak bisa diatasi oleh shampo dan kondisioner, namun dengan menjaga kesehatan dan kekuatan rambut, kamu bisa menangkal berbagai faktor penyebab rambut rontok yang biasa kita hadapi sehari-hari. Jadi jangan khawatir lagi, dengan mengikuti langkah di atas, kamu tetap bisa rutin keramas sambil tetap menjaga rambut kamu bersih, kuat, indah, dan anti-rontok.

Pilih Produk Perawatan Rambut Yang Tepat.

Untuk merawat dan menjaga kekuatan rambut, kamu perlu shampo yang dapat membersihkan tentunya tanpa merusak serta menutrisi rambut dengan baik. Satu langkah sederhana yang bisa "menyelamatkan" rambutmu dari kerontokan sekaligus membersihkan rambut secara menyeluruh adalah dengan rutin keramas menggunakan rangkaian Pantene Pro-Vitamin varian Hair Fall Control, yang terdiri dari shampo dan kondisioner 3 Minute Miracle. Penggunaan shampo akan bantu menutrisi setiap helai rambut, sedangkan conditioning agent-nya membantu mencegah rambut agar tidak kusut. Sehingga rontoknya berkurang*, baik saat sedang keramas, ataupun saat disisir dalam keadaan sudah kering. Untuk hasil terbaik, gunakan juga kondisioner Pantene 3 Minutes Miracle Hair Fall Control setelahnya biar rambut lebih kuat dan bersinar**.

So, kini rambut kuat bebas rontok bukan lagi sekadar impian. Ternyata, kamu hanya perlu "melatih" rambut setiap hari dengan keramas pakai Pantene Pro-Vitamin Series. Bye-bye, rontok!

*Rambut rontok karena patah vs P&G shampoo non-kondisioner **vs P&G Non-conditioning shampoo

PRODUK TERKAIT