Memilih Shampo yang Tepat untuk Rambutmu

shampo rambut

Setiap orang punya kondisi rambut yang berbeda dan tentunya tidak semua shampo cocok untuk semua orang. Untuk memilih shampo yang cocok untukmu, kamu harus tahu apa tipe rambutmu dan masalah rambut apa yang kamu alami sekarang. Semua itu agar kamu mendapat perawatan yang tepat sehingga rambutmu jadi semakin sehat. Untuk membantumu menemukan shampo yang tepat, berikut adalah beberapa panduan yang menjelaskan tentang tipe rambut dan masalah rambut.

Berdasarkan Jenis Rambut

Setiap orang punya jenis rambut yang berbeda dan memilih shampo yang sesuai dengan jenis rambut akan berpengaruh pada kesehatan rambut. Berikut adalah panduan untuk tiga jenis rambut: rambut normal, rambut berminyak, dan rambut kering.

Rambut Normal

Beruntunglah kamu yang punya rambut normal, karena rambut normal bisa menerima semua jenis shampo. Jika kamu punya rambut normal, pilih shampo yang memberikan benefit yang paling kamu inginkan (misalnya: rambut hitam, berkilau, tebal, anti-kusut, dan semacamnya). Namun rambut normal juga pastinya perlu perawatan yang baik tetap sehat. Oleh karena itu pilih shampo yang memberikan perawatan seperti: menutrisi rambut, membersihkan dengan tuntas, dan menjaga dari rambut kering.

Untuk rambut normal, pemilihan shampo tergantung hasil yang ingin kamu capai. Pantene memiliki berbagai pilihan rangkaian perawatan rambut untuk mendapatkan rambut idealmu. Cek katalog produk Pantene di sini.

Rambut Berminyak

Biasanya orang yang memiliki kulit wajah berminyak akan memiliki kulit kepala yang berminyak pula. Dan jika kulit kepalamu berminyak, otomatis rambutmu juga akan berminyak. Ada banyak faktor yang menyebabkan rambut dan kulit kepalamu berminyak seperti: genetik, hormon, cuaca dan kelembapan udara, bahkan pola makan.

Kulit kepala yang terlalu berminyak bisa menyebabkan rambut kusam dan lepek, infeksi jamur dan ketombe, atau kondisi bernama dermatitis seboroik yang menyebabkan rambut rontok dan iritasi kulit. Kondisi kulit kepala berminyak ini harus ditangani dengan shampo yang tepat.

Kamu bisa coba Pantene Shampo Anti Lepek untuk rambut yang lepek karena berminyak. Dengan Pantene Shampo Anti Lepek, diperkaya oleh Pro-Vitamin ringan, formula bening, dan micro-cleanser yang dapat dengan efektif membersihkan rambut secara lembut dari sebum, berlebih, kotoran, debu, polusi, dan residu produk styling secara tuntas. Rambut kembali mengembang dan bebas lepek.

Rambut Kering

Rambut kering terjadi karena kelenjar minyak di kulit kepala tidak berfungsi dengan cukup efektif. Hal ini menyebabkan kurangnya produksi minyak di kulit kepala dan akhirnya kulit kepala kamu tidak mendapatkan pelembap yang cukup. Kalau kamu punya kulit wajah yang kering, maka kamu akan punya kulit kepala yang kering pula.

Beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan kamu punya rambut kering antara lain: cuaca atau iklim yang kering, kebiasaan perawatan rambut yang salah, dan kesehatan fisik. Akibat dari memiliki rambut kering antara lain:
1. Rambut bercabang
2. Rambut mudah patah dan rontok
3. Rambut terlihat kusam

Untuk mengatasi rambut kering, kami merekomendasikan Pantene Shampo Menutrisi Rambut Kering yang bisa memberi kelembapan pada rambut sehingga rambut tidak kering, terasa lebih lembut, dan mudah diatur. Pantene Shampo Menutrisi Rambut Kering ini juga dapat memperbaiki kerusakan, mencegah rambut bercabang, dan melindungi dari kerusakan di kemudian hari.

Shampo juga bisa mengatasi masalah rambut

Berdasarkan Masalah Rambut

Shampo juga bisa mengatasi masalah rambut yang sedang kamu alami. Oleh karena itu penting untuk kamu mengetahui terlebih dahulu apa masalah rambut yang kamu alami sekarang. Masalah umum yang paling sering dialami antara lain rambut rusak, rambut rontok, dan rambut kusut.

Rambut Rusak

Struktur rambut sebenarnya berpori-pori yang rawan akan kerusakan, namun rambut dilindungi oleh lapisan lipid. Jika rambut kita kehilangan kelembapan dan minyak alami, lapisan lipid itu juga akan hilang dan meninggalkan rambut yang keropos tanpa perlindungan. Saat rambut rusak, akar rambut akan menjadi rapuh dan rawan patah. Penyebab rambut rusak yang biasa kita temui sehari-hari antara lain: polusi udara dan hair styling.

Polusi udara dapat merusak rambut dimana efek samping yang paling terlihat antara lain adalah rambut muda rontok, iritasi kulit kepala, kulit kepala gatal, produksi minyak rambut yang berlebihan yang berujung pada ketombe dan kerusakan pada akar rambut karena digaruk terus-menerus. Semua gejala ini bisa merusak akar rambut baik karena digaruk atau pun karena iritasi dari polutan itu sendiri.

Untuk menjaga rambut dan kulit kepala bersih dari polusi yang menumpuk, sangat dianjurkan untuk menjaga kebersihan rambut dengan mencucinya secara teratur.

Selain polusi, kebiasaan hair styling yang salah juga bisa merusak rambut. Kalau kamu masih melakukan kebiasaan hair styling di bawah ini, segera ubah kebiasaanmu agar rambutmu tidak rusak.
1. Menggunakan hair dryer, curling iron, dan alat styling lainnya dengan suhu tinggi
2. Memakai produk styling yang bisa menahan rambut dalam waktu yang lama
3. Mengikat rambut terlalu kencang
4. Menggunakan hair extension atau weave
5. Mewarnai rambut, perm, atau hair relaxing
6. Menyisir rambut berlebihan dan menarik-narik rambut

Untuk memperbaiki rambut rusakmu kami merekomendasikan rangkaian Pantene Shampo Perawatan Total Untuk Rambut Rusak yang melindungi rambut dari kerusakan hingga 10x. Membuat rambut menjadi lebih sehat dan berkilau.

Rambut Rontok

Rambut rontok adalah hal yang semua orang pernah alami dan bisa terjadi pada semua jenis rambut. Pada kebanyakan kasus, rambut rontok hanya sementara dan sangat bisa diatasi dengan mengembalikan kekuatan rambut (bisa dengan produk perawatan rambut atau dengan bahan-bahan rumahan). Ada banyak hal juga yang bisa menyebabkan rambut rontok antara lain:
1. Penggunaan produk rambut : mewarnai rambut, perming, dan hair relaxing adalah metode hair styling yang menggunakan bahan-bahan kimia pada prosesnya. Akibatnya rambut bisa melemah kemudian patah dan rontok. Bahkan beberapa shampo yang keras juga bisa membuat rambut rapuh, kusut, dan mudah patah.
2. Menyisir rambut secara berlebihan : berlawanan dengan kepercayaan orang-orang, menyisir rambut terus-menerus tidak berujung pada rambut yang lebih berkilau atau lebih lembut. Faktanya, hal ini malah bisa membuat rambut lebih mudah rontok dan menyebabkan rambutmu mudah kusut karena gesekan.
3. Menata rambut dengan panas : peralatan styling yang menggunakan panas seperti hair dryer, curling iron, atau catokan rambut bisa menghilangkan kelembapan alami rambut sehingga rambut mudah patah dan rapuh. Udara panas dan lembap juga bisa membuat rambut kering dan mudah patah.
4. Mengikat rambut terlalu kencang : Hal ini bisa membuat rambut patah dan rontok karena tekanannya.
Saat menghadapi rambut rontok, pilih shampo anti-rambut rontok seperti Pantene Shampo Perawatan Rambut Rontok yang bisa melembapkan rambut dan mencegah rambut patah karena dehidrasi sembari melindungi rambut dari polusi sehari-hari. Dilengkapi juga dengan kandungan Pro-Vitamin yang menutrisi rambut hingga semakin kuat setiap kali kamu keramas.

Rambut Kusut

Rambut kusut terjadi karena kutikula rambut kamu terbuka sehingga udara yang lembap bisa masuk dan membuat rambutmu menjadi kering dan kusut, apalagi dengan iklim di Indonesia yang lembap. Mengatasi rambut kusut dimulai dari memilih shampo yang tepat. Kami merekomendasikan Pantene Shampo Perawatan Halus & Lembut yang membuat rambutmu halus dan lembut. Diperkaya dengan teknologi Keratin Damage Blockers untuk menjaga kelembapan esensial rambut dan mencegah kelembapan berlebih agar rambutmu lembut sepanjang hari dalam cuaca apa pun.

Jadi gimana? Sudah bisa memutuskan shampo apa yang terbaik buat kondisi rambutmu? Dengan Pantene kamu nggak perlu khawatir lagi karena Pantene punya shampo untuk setiap kebutuhan rambutmu!

PRODUK TERKAIT