Pahami Anatomi Rambut dan Cari Solusinya



ANATOMI RAMBUT MANUSIA

Ciri-ciri rambut sehat identik dengan kilau alami, kekuatan, dan kelembapannya. Tapi, apa jadinya bila kamu memiliki rambut yang kering dan mudah patah? Hal ini tentu menjadi pertanda kalau rambutmu tidak sehat. Tapi hal ini bukanlah akhir dari segalanya. Dengan perawatan rambut yang tepat yang didukung oleh penggunaan vitamin untuk rambut kering, satu masalah rambut bisa teratasi!

Sebelum menuntaskan hair problem ini, yuk, kenali dulu struktur anatomi rambut manusia, sehingga kamu paham betul apa fungsi dari tiap bagian dan mengenali ciri-ciri rambut sehat supaya paham bagaimana cara memenuhi kebutuhannya.

Ciri-ciri rambut sehat pada kutikula

Walaupun terbilang tipis, namun rambut terbentuk dari gabungan struktur rambut yang mempunyai peran masing-masing. Kutikula terletak pada lapisan paling luar dengan fungsi yang vital yakni melindungi korteks agar kilau dan tekstur rambut tetap terjaga. Kutikula juga dilengkapi 6 hingga 8 lapisan sel untuk melindunginya. Lapisan tak kasat mata ini disebut dengan lapisan-F yang terbentuk dari asam lemak alami dan membantu menjadikan rambut halus dan lembut. Namun proses kimia seperti pewarnaan, pengeritingan, dan pelurusan menyebabkan lapisan -F rusak dan menjadikan rambut kering.

Oleh sebab itu, dibutuhkan produk yang tepat untuk menjaga dan memperbaikinya seperti shampo dan kondisioner Pantene Silky Smooth Care untuk perawatan harian guna perlindungan hingga 10x lebih besar dari kerusakan. Kehebatan fomulanya berkat teknologi Keratin Damage Blockers yang yang mengontrol kadar kelembapan sehingga kesehatan rambut senantiasa terjaga.

Ciri-ciri rambut sehat dalam korteks sebagai jantung rambut

Jantung dari helaian rambut adalah bagian korteks yang berperan penting atas kekuatan, kelenturan, kelembapan, hingga warna rambut. Kekuatan korteks mampu melebihi baja dan terbukti dengan kemampuannya dalam memberikan pertahanan maksimal yang hanya menimbulkan sedikit kerusakan saat ditarik hingga 30%. Tapi, jangan dikira korteks aman dari risiko kerusakan, ya! Saat rambutmu terlalu sering bersentuhan dengan alat styling berhawa panas seperti catokan tetap bisa menurunkan kemampuannya. Jadi, lagi-lagi penggunaan produk perawatan yang tepat dapat diandalkan untuk mengembalikan performa korteks.

Medula sebagai sumsum rambut

Medula yakni lapisan paling dalam (inti) dari rambut yang mengandung keratin. Medula memiliki peran yakni mengantarkan sebum ke batang rambut dan sebagai pengelola penguapan pada batang rambut.

Melanin pembentuk warna rambut

Tahukah kamu kenapa rambut setiap orang memiliki warna yang berbeda-beda? Hal ini disebabkan oleh melanin yang menyerupai pigmen pada kulit. Melanin terbentuk dalam folikel dan disebarkan ke seluruh batang rambut. Terdapat ada dua sub-jenis melanin, inilah yang menjelaskan kenapa begitu banyak variasi warna pada rambut manusia. Yang pertama adalah eumelanin, yang memproduksi warna hitam dan warna gelap rambut cokelat. Yang kedua adalah phaeomelanin, ini eksklusif dimiliki oleh mereka yang berambut merah. Campuran dari kedua pigmen inilah yang menciptakan rambut pirang, cokelat dan warna warna lainnya.

Misteri Uban

Uban disebabkan oleh faktor genetik. Bertambahnya usia, maka produksi pigmen rambut akan semakin berkurang. Jadi bisa dikatakan bahwa di saat kita memasuki usia 50 tahun, maka manusia memiliki uban sebanyak 50%. Tapi tentu hal ini bukan lagi menjadi masalah. Kehadiran produk pewarnaan rambut bisa jadi alternatif yang cukup menjanjikan.

Nah, dengan mengetahui anatomi rambut secara sederhana, maka kini kamu bisa lebih memahami apa fungsi dari setiap struktur rambut dan tak ada lagi alasan untuk tak bisa memiliki ciri-ciri rambut yang sehat.