Apakah Vitamin Rambut Bermanfaat dan Vitamin Apa yang Baik untuk Rambut?

vitamin rambut

Hayo ngaku, kamu pernah nggak mengonsumsi vitamin atau suplemen rambut biar rambut kamu makin kuat, sehat, berkilau? Banyak yang melakukan perawatan rambut dengan mengonsumsi vitamin atau suplemen rambut, tapi ternyata banyak juga yang skeptis dengan manfaat vitamin rambut ini lho.

Sebenarnya, cukup dengan menggunakan produk perawatan rambut seperti shampo dan kondisioner yang kaya vitamin, kamu bisa mendapatkan manfaat yang sama seperti kamu mengonsumsi vitamin atau suplemen rambut. Konsumsi vitamin atau suplemen rambut biasanya dilakukan oleh orang-orang untuk mengembalikan kilau di rambut yang kusam atau untuk mengurangi rambut rontok.

Nah artikel ini akan memberi tahu kamu soal mitos atau fakta vitamin rambut dan vitamin apa saja yang bermanfaat untuk rambutmu.

Apakah Vitamin Rambut Bermanfaat?

Kamu mungkin pernah mengonsumsi vitamin atau suplemen rambut tapi sampai sekarang masih bertanya-tanya apakah vitamin atau suplemen itu benar-benar bermanfaat untuk rambutmu. Sesungguhnya dari konsumsi makanan kita sehari-hari, kita sudah mendapatkan vitamin yang cukup untuk rambut kita. Kalau pun kita menambah dosis vitamin yang kita konsumsi (jangan berlebihan ya), vitamin itu hanya akan terbuang karena tubuh kita hanya mengambil vitamin yang diperlukan saja.

Buat kamu yang pernah mencoba mengonsumsi vitamin atau suplemen rambut, mungkin pernah bertanya-tanya: “Kok nggak kerasa bedanya ya, padahal udah minum suplemen rambut?” Hal itu karena efek dari vitamin rambut tidak akan terlihat dalam waktu dekat. Pada dasarnya, suplemen atau vitamin internal (yang diminum/dikonsumsi) tidak bisa memengaruhi kepadatan, kekuatan, dan kesehatan rambut yang sudah tumbuh. Pengaruh vitamin internal untuk rambut akan lebih terlihat untuk rambut yang baru tumbuh. Jadi, untuk benar-benar melihat khasiat dari vitamin atau suplemen, kamu paling tidak harus menunggu beberapa tahun untuk melihat rambut barumu tumbuh dari nol.

Namun, untuk kamu yang memang kekurangan vitamin, mengonsumsi vitamin atau suplemen internal bisa membantu mengaktifkan kembali kelenjar minyak di kulit kepala. Biasanya hal ini memakan waktu beberapa bulan sebelum rambutmu terlihat lebih lembap dan berkilau.

Kebanyakan vitamin atau suplemen rambut mengandung biotin yang diklaim bisa membantu pertumbuhan rambut, namun pada kenyataannya belum ada jawaban yang pasti tentang hal ini. Menurut Vivian Bucay, dermatologis sekaligus asisten professor klinis di University of Texas Health Science Center, kamu perlu mengonsumsi biotin minimal 5 miligram per hari agar dapat melihat dampaknya pada pertumbuhan rambut. Namun itu pun bukan jaminan biotin pasti memberikan dampak pada pertumbuhan rambut. Selain itu, biotin juga memiliki efek samping yaitu jerawat. Konsumsi biotin berlebihan berpotensi memicu breakout pada kulit.

Keamanan vitamin atau suplemen rambut juga tidak terjamin 100% karena suplemen dan vitamin tidak diatur oleh FDA (U.S. Food and Drug Administration) sehingga setiap produsen bisa menambahkan atau mengurangi kandungan suplemen sesuka hati. Akan lebih baik kalau kamu lebih mengandalkan bahan-bahan yang telah terbukti aman, produk perawatan rambut yang telah diformulasikan khusus untuk kebutuhan rambutmu, dan pola makan yang baik. Jadi, daripada mengonsumsi vitamin atau suplemen rambut yang belum tentu aman dan bermanfaat, lebih baik kamu memberikan nutrisi langsung ke rambut dengan produk perawatan rambut yang kaya vitamin.

vitamin rambut rontok

Jenis Vitamin yang Baik untuk Rambut

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sebenarnya kamu tidak perlu mengonsumsi suplemen atau vitamin rambut kalau kamu sudah mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya vitamin setiap harinya. Namun kamu juga bisa mencari vitamin-vitamin spesifik di produk-produk perawatan rambut untuk membantumu mendapatkan rambut idamanmu. Vitamin-vitamin apa saja yang baik untuk rambut?

Vitamin A

Untuk rambut, vitamin A sangat membantu karena antioksidannya menjaga rambut kita dari radikal bebas. Vitamin A juga menjaga kelembapan kulit kepala dan mencegah kulit kepala kering dengan memproduksi minyak rambut alami. Vitamin A juga bisa mencegah bakteri yang bisa merusak rambut. Walaupun berguna, namun asupannya harus dijaga karena terlalu banyak vitamin A bisa menyebabkan rambut rontok. Vitamin A dapat ditemukan di:
1. Wortel
2. Labu
3. Mangga
4. Kentang
5. Sayuran hijau
6. Paprika
7. Aprikot

Vitamin B3 (Niacin)

Vitamin B3 berguna untuk membantu membawa darah dan oksigen ke kulit kepala dan rambut. Hal ini diikuti dengan pembesaran kapiler yang membantu darah dan oksigen mencapai tempat yang tepat. Rambut yang menerima cukup vitamin B3 akan tumbuh lebih cepat dan lebih baik. Sedangkan, kekurangan vitamin B3 bisa berujung pada penipisan dan kerontokan rambut. Rekomendasi asupan vitamin B3 adalah 35 miligram per hari. Vitamin B3 dapat ditemukan di:
1. Ikan
2. Daging merah rendah lemak
3. Udang
4. Kacang-kacangan
5. Almond
6. Wortel
7. Sereal

Pro-Vitamin B5 (Panthenol)

Vitamin B5 mengunci kandungan air dan kelembapan di kulit sehingga disebut sebagai pelembap dan pelembut yang efektif untuk rambut dan kulit. Vitamin B5 juga sangat berguna untuk mencegah rambut beruban karena usia, karenanya vitamin ini sering disebut “anti-stress vitamin”. Vitamin B5 mengurangi hormon stress sehingga otomatis juga mengurangi kemungkinan rambut rontok. Asupan harian vitamin B5 adalah 5 miligram untuk orang dewasa. Vitamin B5 dapat ditemukan di:
1. Daging sapi
2. Salmon
3. Gandum
4. Jagung
5. Daging
6. Bebek
7. Kalkun

Di tahun 1940 Pantene menemukan varian lain dari vitamin B5 yaitu Pro-Vitamin B5 yang efektif untuk memperbaiki rambut rusak dan mengunci kelembapan untuk mencegah rambut dan kulit kepala kering.

Vitamin B7 (Biotin)

Vitamin B7 berguna untuk menyehatkan, menebalkan, dan menambah volume rambut. Vitamin B7 memproduksi keratin yang bisa mengurangi kekeringan dan melembutkan rambut, selain itu vitamin ini juga bisa melindungi kulit kepala dari iritasi akibat sinar matahari. Vitamin ini berguna pula untuk memperlambat proses penuaan rambut. Konsumsi jenis makanan berikut untuk mendapatkan asupan vitamin B7 untuk melindungi kesehatan rambut:
1. Kuning telur
2. Kacang-kacangan dan almond
3. Jeroan
4. Bunga kol
5. Oat
6. Kacang polong
7. Pisang
8. Jamur
9. Alpukat

Vitamin B8 (Inositol)

Vitamin B8 juga membantu pertumbuhan rambut yang sehat bersama dengan kombinasi vitamin B-kompleks lainnya. Vitamin ini memberikan kekuatan dan kesehatan untuk tiap helai rambut. Konsumsi optimal vitamin B8 menurut ahli kesehatan adalah 500 miligram. Vitamin B8 dapat ditemukan di:
1. Sereal
2. Beras
3. Sayuran hijau
4. Kacang-kacangan
5. Kedelai
6. Biji-bijian
7. Buah jeruk

Vitamin B12

Vitamin B12 berfungsi untuk membentuk sel darah merah yang berguna untuk pertumbuhan rambut. Sel darah merah ini membawa oksigen dan darah ke helai rambut dan membantunya tumbuh. Vitamin ini juga menutrisi akar rambut dan mengurangi rambut yang rontok prematur. Dengan dosis yang tepat vitamin ini bisa memperbaiki rambut yang rusak. Penting bagi seluruh vitamin B untuk dikonsumsi secara seimbang. Karena ketidakseimbangan asupan salah satu vitamin B bisa membuat vitamin B yang lain tidak berfungsi dengan optimal. Untuk rambut pun, vitamin B-kompleks yang lengkap akan memberikan hasil yang baik. Dosis vitamin B12 yang cukup untuk setiap hari adalah 2.4 miligram. Vitamin B12 dapat ditemukan di:
1. Telur
2. Daging
3. Susu
4. Kerang
5. Hati sapi
6. Unggas
7. Susu Kedelai

Vitamin C

Vitamin C adalah nutrisi yang sangat efisien untuk membantu meningkatkan kondisi dan memicu pertumbuhan rambut. Vitamin C juga membentuk kolagen yang krusial dalam menjaga hubungan rambut dan kulit kepala. Selain itu, vitamin C juga menyerap zat besi yang menjaga rambut tetap kuat. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan rambut bercabang dan kering. Pastikan asupan vitamin C kamu teratur, untuk menjaga rambut dari kekeringan, penipisan, dan kerontokan. Dosis optimal vitamin C untuk perempuan adalah 75 miligram dan 90 miligram untuk laki-laki. Vitamin C dapat ditemukan di:
1. Pepaya
2. Kiwi
3. Jeruk
4. Jambu
5. Paprika merah
6. Paprika hijau
7. Kubis brussel

Vitamin D

Vitamin D adalah nutrisi yang paling kuat untuk membantu pertumbuhan rambut. Vitamin ini akan menebalkan helai rambut dan menebalkan volume rambut dengan menambah folikel rambut baru. Tidak hanya menciptakan folikel baru, tapi juga memperbarui folikel yang lama. Minimal diperlukan 600 IU vitamin D setiap hari untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan rambut. Selain dari sinar matahari, yang adalah sumber esensial vitamin D, vitamin D dapat diperoleh di:
1. Ikan
2. Jamur
3. Kuning telur
4. Hati
5. Biji-bijian
6. Susu yang diperkuat vitamin
7. Jeruk

Vitamin E

Kegunaan pertama dari vitamin E adalah memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh yang memungkinkan pasokan darah mencapai rambut. Selain itu vitamin E juga membawa oksigen hingga ke rambut yang merangsang pertumbuhan rambut. Kegunaan kedua adalah sebagai antioksidan yang berguna untuk memperbaiki folikel rambut dan memperbaiki kerusakan jaringan. Kedua fungsi ini berperan sebagai sumber energi untuk rambut. Vitamin E juga berguna untuk menjaga kelembapan kulit kepala. Karena sering kali rambut rontok terjadi karena kulit kepala yang kering. Vitamin E menutrisi kulit kepala dan menjaga rambut tetap sehat. Vitamin E tersedia di hampir semua makanan sehari-hari sehingga jarang terjadi kasus kekurangan vitamin E. Vitamin E dapat ditemukan di:
1. Minyak sayur
2. Biji bunga matahari
3. Almond dan kacang-kacangan
4. Brokoli
5. Labu
6. Ikan
7. Mamey Sapote
8. Alpukat

Zinc

Zinc adalah vitamin yang paling berpengaruh untuk kesehatan rambut. Zinc membentuk dan menjaga folikel rambut lebih baik dari vitamin lainnya, di segala keadaan. Zinc juga menguatkan dan menebalkan rambut. Zinc juga berpengaruh terhadap produksi DNA dan RNA. Zinc juga membantu membagi folikel rambut dengan seimbang untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Selain itu zinc juga melawan empat penyakit penyebab rambut rontok. Zinc juga efektif bagi kulit kepala karena bisa mengurangi ketombe. Dari sekian banyak manfaat luar biasa zinc, zinc juga dipercaya bisa mengembalikan warna rambut pada rambut yang sudah beruban. Zinc bisa ditemukan di:
1. Seafood
2. Sapi dan domba
3. Bayam
4. Kacang
5. Kakao dan Coklat
6. Ayam
7. Kacang polong
8. Jamur

Produk Perawatan Rambut Pantene yang Kaya Vitamin

Untuk melihat khasiat langsung vitamin untuk rambutmu, coba deh pakai vitamin langsung ke rambutmu dengan menggunakan produk perawatan rambut Pantene yang kaya akan vitamin. Di sini kami punya beberapa rekomendasi untukmu dan kamu bisa pilih mana yang bisa membantumu mendapatkan rambut idamanmu:
1. Rangkaian shampo dan kondisioner Pantene Strong & Thick Gold: diperkaya dengan biotin, Pro-Vitamin B5, dan antioksidan yang membantu menutrisi rambut, menjaga, dan mengembalikan kekuatan serta fleksibilitas pada rambut yang rapuh dan letih.
2. Rangkaian shampo dan kondisioner Pantene Smooth & Sleek Gold: dengan vitamin B3, Pro-Vitamin B5, dan antioksidan, membantu menjaga kelembutan rambut dengan memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan.
3. Rangkaian shampo dan kondisioner Pantene Black & Glossy Gold: diperkaya dengan vitamin E, Pro-Vitamin B5, dan antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi rambutmu dari radiasi sinar UV yang merusak rambut. Selain itu, juga bantu menjaga dan mengembalikan tampilan hitam alami rambut sehingga buatnya jadi tampak berkilau.
4. Pantene Perfect On Kondisioner Tanpa Bilas: diperkaya dengan 20 vitamin untuk rambutmu. Formulanya yang ringan dan mudah meresap membuat rambut jadi lembut dan mudah diatur.

Nah udah tau kan sekarang soal vitamin rambut? Pastikan asupan vitamin setiap hari selalu tercukupi dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Gunakan juga produk perawatan rambut yang kaya vitamin agar rambutmu semakin sehat, kuat, lembut, dan berkilau.