Kenali Penyebab Ketombe dan Solusi Mengatasinya



Pantene_ProAdvice_Mythbuster-SprayAway

Banyak yang sering mengaitkan masalah ketombe dengan kurangnya menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Tetapi sebenarnya, belum tentu lho urusan ketombe ini akan seketika tuntas ketika frekuensi keramas ditingkatkan. Lalu, apa sih yang jadi penyebab ketombe muncul di rambut kamu? Dan bagaimana cara menghilangkan ketombe tersebut?

Ketombe adalah masalah umum yang banyak dialami orang. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

1. Kelenjar minyak di kulit kepala sangat aktif

Setiap orang sudah pasti dong memiliki kelenjar minyak di kepala. Tetapi ada beberapa yang kelenjar minyaknya sangat aktif memproduksi sebum. Aduh! Nah, produksi minyak berlebihan inilah yang jika tidak dibersihkan secara sempurna bisa jadi megumpal dan dapat menimbulkan iritasi. Kulit kepala akan memerah lalu muncul sisik berwarna putih yang lama-lama akan mengelupas sebagai serbuk.

2. Jamur di kepala

Ini dia yang menjadi penyebab utama ketombe! You hear it right, penyebab ketombe paling umum adalah jamur. Mikroba ini, yaitu Malassezia globosa, sering hidup di kulit kepala orang dewasa. Jamur ini hidup dengan mengurai sebum dan pada sebagian orang yang sensitif hasil penguraian tadi menyebabkan gatal-gatal dan iritasi. Selanjutnya sel-sel kulit malah diperbarui terlalu cepat karena ingin mengusir si iritan jamur tadi. Kelebihan sel kulit yang menumpuk ini yang dianggap sebagai ketombe.

3. Kulit kepala kotor

Ternyata, ketombe juga bisa muncul ketika kita tidak rutin keramas, lho. Atau bisa juga saat keramas, kita tidak terlalu bersih mencuci rambut sehingga masih ada sebum atau bahkan produk shampo yang tersisa. Nah, kalau kurang bersih, otomatis kan sebum dan sel kulit mati akan menumpuk lalu menutup pori-pori. Dan kulit kepala menjadi gatal lalu bermunculanlah ketombe di kepala.

4. Tidak cocok dengan produk tertentu

Untuk mereka yang memiliki kulit cenderung sensitif, bukan tidak mungkin bahwa produk perawatan rambut yang tidak cocok malah menyebabkan munculnya ketombe. Produk styling seperti gel, foam atau hairspray yang kurang tepat bisa jadi membuat kulit kepala memerah, gatal dan bersisik.

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasi Ketombe?

Benang merah dari penyebab ketombe adalah munculnya iritan pada kulit kepala, mulai dari sebum, sel kulit mati hingga mikroba. Jadi saat mencari cara menghilangkan ketombe, diperlukan shampo anti ketombe yang mengandung bahan aktif zinc pyrithione (ZPT). ZPT sanggup membersihkan sebum serta kulit mati hingga tuntas serta memiliki kemampuan anti bakteri yang dapat mengatasi problem jamur. Kini hadir Pantene Pro-V Anti Dandruff yang mengandung ZPT dua kali lipat sebagai cara menghilangkan ketombe yang sangat ampuh. Formula Pro-Vitamin 2 in 1 dalam shampo anti ketombe ini juga memelihara dan memperkuat rambut. Bonusnya? Rambut tak hanya bersih dari ketombe namun juga bebas rontok. Yuk coba produk yang tepat untuk rambutmu sekarang!