Cara Menghilangkan Rambut Berminyak Setelah Keramas Yang Bikin Rontok



Rambut tebal dan sehat pasti impian setiap wanita kan? Tapi seringnya kenyataan berkata lain. Meskipun sudah rutin keramas, tapi rambut masih tetap berminyak dan ternyata malah tambah rontok. Semakin hari kok helaian rambut yang tertinggal di sisir tambah banyak ya? Wah, itu semua gejala kerontokan yang perlu diwaspadai!

Sebenarnya, mengapa rambut berminyak setelah keramas bisa bikin rontok? Salah satu sebab utama rambut rontok adalah polusi dan paparan sinar matahari langsung pada rambut sehingga rambut menjadi lengket dan tetap berminyak walau sudah keramas. Sebagai wanita aktif yang sering melakukan kegiatan outdoor, rambut rentan terkena asap kendaraan, debu hingga teriknya sinar matahari. Dan ternyata rambut memiliki risiko terkena polusi 3 kali lebih banyak dari kulit. Hal inilah yang membuat rambut jadi berminyak, lengket, rapuh hingga akhirnya mulai rontok.

Gak mau dong kondisi ini terus menerus menghantui hingga mengganggu percaya diri? Berikut adalah beberapa cara yang dapat ditempuh untuk mengontrol minyak di kulit kepala serta menjaga rambut agar tidak rapuh.  Yuk, simak tipsnya

sumber : www.justonhealth.com

1. Hindari stres yang berlebihan

Gangguan emosi atau stres ternyata dapat mempengaruhi kondisi rambut. Saat seseorang sedang dalam keadaan tertekan, hormon kortisol - yang mengatur produksi minyak, ikut meningkat. Hal ini menyebabkan kulit menjadi cenderung berminyak, termasuk kulit kepala yang berujung rambut lebih mudah rontok. Karenanya, coba deh untuk mengendalikan emosi ketika stres hadir.

sumber : www.dietingwell.com

2. Konsumsi makanan bergizi yang bisa mengontrol minyak

Jangan salah, makanan ternyata juga berpengaruh lho dalam menjaga kesehatan dan kekuatan rambut. Yuk perbanyak konsumsi makanan yang tinggi zinc, vitamin B,  lemak sehat hingga omega-3. Hal ini bisa didapat dari oatmeal, ikan salmon, sunflower seed, alpukat serta kacang-kacangan seperti almond. Enak dan sehat kan? Jangan lupa, batasi konsumsi produk susu karena hormon yang ada di dalamnya dapat terpecah menjadi hormon androgen yang akan meningkatkan produksi sebum.

sumber : www.sohu.com 

3. Jangan membilas rambut dengan air yang terlalu panas

Perhatikan suhu air saat keramas! Jika suhunya terlalu panas, akar rambut malah akan cepat patah yang memicu rambut rontok. Sebaliknya, mencuci rambut dengan air hangat dapat membantu membersihkan kepala secara tuntas. Air hangat akan membuka kutikula dan pori-pori kulit kepala sehingga minyak, sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk lebih mudah luruh. Jadi ucapkan selamat tinggal pada kulit kepala berminyak setelah keramas!

sumber : www.sohu.com 

4. Kurangi penggunaan alat styling rabut

Terlalu sering mengeringkan rambut dengan hair dryer atau mencatok rambut bisa bikin rambut lebih rapuh dan mudah rontok. Coba berikan waktu istirahat pada rambut dan biarkan sesekali rambut kering secara alami. Jangan lagi deh percaya mitos menyisir rambut sebanyak 100 kali tiap hari karena menyisir rambut secara berlebih malah akan merusak rambut.

sumber : www.runnerclick.com

5. Solusi P3K (Pertolongan Pantene Pada Kerontokan)

Paparan sinar matahari berlebih, debu dan asap kendaraan bermotor adalah salah satu pemicu rambut rontok. Tapi menghilangkan polutan ini hingga bersih tak cukup hanya dengan keramas menggunakan sembarang shampo. Pilih shampo yang memang diformulasikan untuk mengatasi rambut rontok akibat kulit kepala atau rambut berminyak meski setelah keramas serta polusi. Jangan khawatir, karena kini sudah ada P3K (Pertolongan Pantene Pada Kerontokan) lewat shampo Pantene Hair Fall Control baru. Shampo ini memiliki kandungan micro bubble yang berukuran lebih kecil dari partikel polusi sehingga dapat melindungi seluruh lapisan rambut secara merata, mulai dari akar hingga ujungnya.

Bukan cuma itu, rutin menggunakan shampo Pantene Hair Fall Control dua hari sekali akan melindungi rambut secara maksimal dari pengaruh buruk polusi yang bikin rambut jadi berminyak. Akibatnya, ga ada lagi cemas saat bebas beraktivitas di luar ruangan

Untuk hasil yang lebih memuaskan, gunakan juga Pantene 3 Minute Miracle Conditioner sehabis keramas. Aplikasikan hingga ke ujung rambut untuk mendapatkan rambut yang halus, lembut, terlindungi dari polusi dan tentunya bebas rontok. Pastikan rambut #kuatlawanpolusi dengan Pantene.

Nah jika sudah mengalami rambut rontok dan berminyak atau hanya sekadar ingin mencegah kedua masalah rambut tersebut, yuk mulai terapkan tips di atas. Bersama Pertolongan Pantene Pada Kerontokan, lawan rontok demi mendapatkan rambut tebal, mengembang dan berkilau.