lcpDotlcpDotDT
Skip to main contentheaderOutFocus
MITOS SEPUTAR RAMBUT

5 TANDA RAMBUT RAPUH YANG PERLU DIWASPADAI

Penting banget lho untuk mengetahui kondisi kesehatan rambutmu setiap saat. Karena sebelum memutuskan untuk melakukan treatment baru - seperti mewarnai rambut atau mencoba permanent blow, harus dipastikan bahwa rambut dalam kondisi prima. Kalau rambut rapuh tapi dipaksa melewati proses kimia, wah bukan jadi cantik tapi rambutmu malah bisa jadi rusak berat! Rambut rapuh saat mulai kehilangan bahan penguatnya, seperti protein dan lipid. Nah, seperti apa sih tanda-tanda rambut sedang menuju kerusakan? Ini 5 tandanya yang perlu kamu tahu.

1. UJUNG RAMBUT BERCABANG

Coba lingkarkan sebagian kecil rambut di jari atau pulpen. Kalau ada helaian-helaian kecil yang mencuat keluar, itu tandanya rambutmu bercabang. Cara mengatasi rambut rapuh yang seperti ini bisa dengan mengaplikasikan rangkaian perawatan rambut khusus untuk rambut rusak. Hal ini bisa mencegah kerusakan rambut lho! Agar maksimal, berikan vitamin tambahan pada ujung-ujung rambut. Karena jika sudah terlalu parah, gak ada cara lain selain memotong bagian yang bercabang. Oh no!

2. RUSAK AKIBAT PANAS DENGAN TEMPERATUR AIR SEDANG

Kamu pernah memegang rambutmu dan teksturnya terasa kasar? Nah, coba ingat lagi berapa kali kamu memakai styling tools yang menggunakan panas dalam seminggu. Jika memang sering mencatok dan rambut mulai kasar, itu tanda rambut rapuh! Salah satu cara mengatasi kondisi yang seperti ini adalah dengan rajin menggunakan produk pelindung dari panas sebelum styling serta mengaplikasikan leave in conditioner.

3. RAMBUT RONTOK EKSTREM

Faktanya, rambut rapuh disebabkan oleh akar yang tidak kuat sehingga memicu kerontokan. Kalau kamu melihat helaian *rambut rontok dengan jumlah yang cukup banyak, segera lakukan tindakan untuk menguatkan akar rambut yang rapuh. Pertama, ganti shampo yang khusus untuk mengatasi rambut rontok seperti Pantene Pro-V Hair Fall Control. Dan lanjutkan dengan perawatan khusus di salon yaitu hair spayang akan memberikan nutrisi dan menguatkan akar rambut.

4. TERLALU SERING DIWARNAI

Salah satu bahan yang terkandung dalam produk pewarna rambut adalah hidrogen peroksida. Sayangnya, bahan yang satu ini cenderung membuat rambut menjadi kering dan rapuh. Boleh saja kok sering mengecat rambut namun pastikan dilakukan oleh profesional di salon ya. Dan jangan lupa untuk menggunakan shampo yang khusus untuk rambut diwarnai setelahnya.

5. KUSUT DAN TIDAK BERATURAN

Rambutmu frizzy, kusut dan saling berbelit? Yes, ini adalah salah satu tanda rambut rapuh. Jika mengalami hal ini, ganti sisirmu dengan sisir yang menggunakan bulu dari natural boar. Sisir jenis ini bisa membantu mendistribusikan minyak alami rambut ke ujungnya sehingga rambut menjadi lembap, sehat berkilau. Selain itu, pilih rangkaian perawatan yang memberikan nutrisi khusus, yang dapat menjaga kelembapan esensial dan agar rambut tetap lembut sepanjang hari.

*Semua rujukan di halaman ini mengacu ke rambut rontok atau rambut rontok karena patah-patah.