fullbleed article page

Siapa sih yang nggak bete kalau udah kena bad hair day? Rambut awut-awutan, kusam, dan susah diatur. Makin bete lagi kalau ternyata rambut kita rapuh dan gampang rontok. Nah biasanya, masalah kayak gini sering banget ditemuin kalau kita sering ngewarnain rambut atau styling pakai catokan atau curling iron.
Tapi untungnya, kondisi rambut kayak gitu bisa diperbaiki dengan perawatan dan produk yang tepat. Rambutmu bisa kembali lembut dan sehat berkilau. Dengan rambut lembut, hair styling jadi lebih gampang dan nggak ribet. Nah, lewat artikel ini kami mau share cara-cara gampang bikin rambutmu jadi lembut mudah diatur. Simak baik-baik ya!

Lakukan Hair Care Routine yang Baik

Semuanya berawal dari kebiasaan perawatan rambut yang baik. Semua produk hair care kamu bakal sia-sia, kalau kamu masih ngelakuin kebiasaan-kebiasaan yang merusak rambut.

Jangan panas-panas!

Suhu yang dingin itu bagus untuk rambut karena membantu menutup kutikula sehingga rambut lebih lembut dan berkilau. Selain itu, kutikula yang tertutup juga mencegah hilangnya kelembapan alami rambut. Makanya, biasakan untuk bilas rambut dengan air dingin setelah keramas dan selesaikan dengan suhu paling dingin setelah mengeringkan rambut menggunakan hair dryer.

Blow ke bawah

Teknik terbaik dalam menggunakan hair dryer adalah dengan menggunakannya dari akar ke ujung rambut. Hal ini sekali lagi berguna untuk menutup dan mengunci kutikula rambut. Sisir rambutmu dengan tangan selagi menggunakan hair dryer.

Peras, jangan gosok

Friksi atau gesekan adalah cikal bakal rambut kusut. Jika rambut kita digosok-gosok terus menerus, kutikula akan mengembang terbuka dan tersangkut satu sama lain. Hasilnya, rambut kusut, saling terikat satu sama lain, dan bisa berujung pada rambut patah. Makanya, jika mengeringkan rambut dengan handuk, biasakan untuk peras dan tepuk-tepuk rambutmu, jangan digosok-gosok. Biarkan handuk yang menyerap air dari rambutmu.

Sisir saat basah, sikat saat kering

Kalau kamu memakai sisir untuk merapikan rambutmu (dan pastikan sisir yang kamu gunakan mempunya gigi-gigi yang lebar), gunakan saat rambutmu masih basah. Tetapi kalau kamu memakai sikat rambut, gunakan saat rambutmu kering. Menyikat rambut saat masih basah malah akan membuat rambutmu patah dan rontok. Extra tip: kalau kamu ingin meluruskan rambut yang kusut dengan sisir atau sikat rambut, luruskan dari ujung rambut terlebih dahulu baru secara perlahan luruskan rambut di bagian tengah, dan terakhir di bagian akar.

Keramas secukupnya


Walaupun rangkaian Pantene Silky Smooth Care bisa dipakai setiap hari, kamu sebenarnya nggak perlu keramas setiap hari. Kecuali kamu memang punya rambut yang luar biasa berminyak. Soalnya terlalu sering keramas malah akan menghilangkan minyak alami rambut yang berguna untuk membuat rambutmu berkilau dan mencegah kerusakan. Sebagai alternatifnya, kamu bisa pakai hair mask yang ada di dalam rangkaian Pantene Silky Smooth Care. Dengan menggunakan rangkaian Pantene Silky Smooth Care, rambutmu akan terlindungi 10x lebih baik dan akan tetap lembut dalam cuaca apa pun. Hal ini karena Pantene Silky Smooth care bisa menjaga kelembapan esensial rambut dan mencegah kelembapan berlebih.

Manfaatkan Bahan Alami untuk Rambut Lembut

Mendapatkan rambut lembut yang mudah diatur juga bisa dibantu dengan bahan-bahan alami. Biasanya bahan-bahan ini sering digunakan di produk-produk hair mask rumahan. Berikut adalah beberapa contoh bahan alam yang sering dipakaii dan manfaatnya untuk rambutmu.

● Minyak kelapa

Minyak kelapa dipercaya bisa mengurangi kerusakan dan mencegah rambut kering. Selain itu juga bisa membuat rambut lembut dan berkilau.

● Lidah buaya dan madu

Kombinasi lidah buaya dan madu adalah kondisioner alami yang bisa membuat rambut lembut dan berkilau. Madu adalah moisturizer alami yang bisa mempertahankan kelembapan rambut.

● Pisang

Pisang kaya akan lemak dan kelembapan alami yang bisa menyegarkan dan menutrisi rambut.

● Alpukat

Alpukat mengandung nutrisi yang baik untuk rambut dan kulit seperti asam amino, kadar protein yang tinggi, dan berbagai vitamin. Asam lemaknya juga berguna untuk mengembalikan kesegaran dan melembutkan rambut. Alpukat sangat baik untuk memperbaiki rambut kering dan rusak.

Nutrisi yang Diperlukan untuk Rambut Lembut


Menutrisi rambut tidak cukup hanya dari luar saja. Asupan makananmu juga harus bergizi agar rambutmu bisa tumbuh kuat dan sehat. Kombinasi nutrisi makro (protein dan lemak sehat) dengan nutrisi mikro (mineral dan vitamin) yang tepat bisa membantu mendorong pertumbuhan rambut yang halus dan lembut. Ingat ya, apa yang kamu konsumsi akan terpancar dari tubuhmu. Jadi, selalu konsumsi gizi yang seimbang agar rambutmu sehat alami.

Protein


Diet yang seimbang itu penting banget untuk pertumbuhan kulit kepala dan rambut. Protein adalah bahan utama pembentuk rambut jadi pastikan kamu mengonsumsi minimal 45 gram protein tiap harinya. Protein yang baik bisa ditemui di: daging rendah lemak, daging unggas, ikan, kacang-kacangan, olahan susu rendah lemak (low fat dairy products), dan telur. Tanpa asupan protein yang cukup, rambut akan rapuh, mudah rontok, dan kusam.

Lemak sehat


Meningkatkan konsumsi asam lemak omega-3 bisa menstimulasi folikel rambut dan kelenjar minyak di kulit kepala. Kegunaan utama omega-3 ini adalah untuk menyehatkan kulit kepala dan akar rambut. Untuk meningkatkan konsumsi omega-3, kamu bisa mulai mengonsumsi: yoghurt, salad, sereal, biji rami (flaxseed), dan keju cottage (cottage cheese).

Vitamin


Lima vitamin yang berpengaruh untuk rambut dan kulit kepala adalah vitamin A, B, C, D, dan E.

Vitamin A: semua sel tubuh perlu vitamin A untuk tumbuh, termasuk rambut. Vitamin A juga membantu produksi minyak alami rambut yang menjaga rambut tetap lembap dan sehat. Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan rambut rontok, namun terlalu banyak vitamin A pun bisa menyebabkan hal yang sama. Wortel, labu, bayam, ubi, susu, telur, dan yoghurt adalah beberapa contoh sumber vitamin A.

Vitamin B: jenis vitamin B yang paling penting untuk rambut adalah biotin. Kekurangan biotin bisa menyebabkan rambut rontok. Namun kekurangan biotin sangat jarang terjadi karena biotin tersedia di berbagai jenis bahan makanan. Vitamin B yang lainnya bagus untuk membentuk sel darah merah yang mengangkut oksigen dan nutrisi lainnya ke seluruh tubuh termasuk rambut dan kulit kepala. Biji-bijian, almond, daging-dagingan, ikan, seafood, dan sayur-sayuran adalah contoh sumber vitamin B yang baik.

Vitamin C: vitamin C adalah anti-oksidan yang berguna menjaga rambut tetap awet muda dan melindungi dari radikal bebas. Vitamin C juga membantu memproduksi kolagen yang penting untuk pertumbuhan rambut. Jeruk, strawberry, dan jambu adalah contoh sumber vitamin C yang baik.

Vitamin D: vitamin D bisa membantu memicu pertumbuhan folikel rambut dan kekurangan vitamin D bisa menyebabkan rambut rontok. Vitamin D bisa ditemukan dengan berjemur langsung di bawah cahaya matahari. Selain berjemur, kamu juga bisa mendapatkan vitamin D dari berbagai jenis jamur, ikan-ikan yang berlemak dan minyak ikan cod.

Vitamin E: vitamin E adalah anti-oksidan seperti vitamin C. Dalam sebuah studi, vitamin E bisa mengembalikan rambut rontok dengan cukup signifikan setelah mengonsumsi vitamin E selama 8 bulan. Biji bunga matahari, almond, bayam, dan alpukat adalah contoh sumber vitamin E.

Untuk asupan vitamin langsung ke kulit kepala, kami merekomendasikan Pantene Perfect On: Kondisioner Tanpa Bilas yang mengandung 20 vitamin untuk memastikan rambutmu tetap lembut sepanjang hari. Formulanya ringan dan mudah diserap bikin rambut lembut mudah diatur. Dengan kemasan yang imut dan praktis, kamu bisa mengatasi rambut awut-awutan di mana pun dan kapan pun.

Mineral

Dua mineral yang penting untuk rambut dan kulit kepala adalah zat besi dan zinc. Zat besi membantu sel darah merah medistribusikan oksigen dan nutrisi untuk pertumbuhan sel. Sehingga zat besi baik untuk pertumbuhan rambut. Zat besi bisa ditemui di kerang-kerangan, telur, daging merah, dan bayam.

Sedangkan zinc berguna untuk memperbaiki dan mendorong pertumbuhan rambut. Zinc juga berguna untuk menjaga kelenjar minyak di kulit kepala berfungsi dengan baik. Makanan yang mengandung zinc antara lain daging sapi, lentil, bayam, tiram, dan biji labu.

Nah, gimana? Udah makin ngerti ‘kan cara mendapatkan rambut lembut? Dengan rambut yang lembut dan mudah diatur, hair styling apa pun bakal jadi lebih gampang tentunya. Jadi kamu bisa start harimu dengan pede dan say bye to bad hair day!