Rambut Rapuh dan Mudah Rontok? Ini Penyebabnya



Setelah mencuci rambut atau ketika menyisir rambut, apakah kamu sering menemukan banyak helaian rambut yang berjatuhan ke lantai? Hei, itu adalah pertanda rambut rapuh lho! Hal tersebut tidak boleh dibiarkan karena lama-lama rambutmu bisa jadi menipis dan tentu berkurang keindahannya. Sebenarnya, wajar saja sih kalau ada rambut rapuh yang rontok hingga 100 helai tiap hari. Tetapi, kalau lebih banyak dari itu pasti ada masalah yang perlu diatasi.

Penyebab utama rambut bisa mulai rontok adalah karena rambut rapuh akibat akar yang kurang kuat. Faktor apa saja yang bikin akar rambut jadi lemah? Yuk, lanjut baca pembahasannya secara mendalam di sini!

1. Stress yang bikin rambut rapuh

Menurut penelitian seperti yang dilansir worldhaircouncil.com, stres atau kondisi psikologis yang tertekan ternyata merupakan penyebab rambut rapuh yang bisa berujung dengan kerontokan. Saat tubuh dilanda tekanan psikologis, tubuh akan memproduksi hormon kortisol lebih banyak. Atau sering disebut dengan stress hormone. Hal ini mengganggu siklus hidup rambut yang menjadikan rambut rapuh. Agar rambut tidak rontok, lakukan berbagai hal yang bisa meredakan stress seperti meditasi atau menikmati me timesecara teratur. Selain itu, kamu bisa juga mengunjungi spauntuk relaksasi hingga berolahraga yang menyenangkan.

2. Bahaya dari polusi udara

Bukan rahasia lagi kalau paparan sinar matahari dan polusi udara adalah kedua hal yang bisa merusak rambut serta menganggu kesehatan kulit kepala. Polutan yang beredar di udara adalah penyebab rambut rapuh yang paling sering terjadi. Ketika terkena polusi, akar rambut menjadi lemah, rambut juga terlihat lengket, kusam dan mulai mengalami kerontokan. Nah agar rambut tidak rontok, kamu harus melakukan berbagai treatment untuk menguatkan akar rambut yang rapuh.

Salah satu solusi yang paling mudah dilakukan, gunakan rangkaian Pantene Pro-V Hair Fall Control untuk melindungi dan memulihkan rambut dari efek negatif polusi. Rangkaian ini, yang terdiri dari shampo dan kondisioner, memiliki formula pro-vitamin yang dapat meresap hingga dalam ke helaian rambut. Rambut pun terlindungi dari zat-zat polusi yang berbahaya sehingga kamu bebas dari rambut rapuh dan kasar.

3. Styling rambut yang ekstrem

Warna rambut ash, silver hingga pastel memang tengah digemari banyak orang. Karena memang bikin kamu terlihat keren seketika. Namun pewarnaan yang seperti ini tentu melewati proses bleaching yang sebenarnya sangat merusak rambut. Nah, kalau terlalu ekstrem dalam perkara memilih pewarna rambut - apalagi jika tidak dilakukan oleh coloristprofesional, sudah pasti rambut akan rentan rapuh! Selain itu, melalukan blow dry terlalu sering serta mengikat rambut dengan sangat kencang juga bisa jadi penyebab rambut rapuh.

4. Konsumsi makanan tidak sehat

Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh memegang peranan penting untuk kesehatan rambut. Rambut kita terbuat dari keratin yang bersumber dari protein alami. Protein alami ini bisa diperoleh lewat mengonsumsi makanan yang tinggi protein, seperti daging, kacang-kacangan serta alpukat. Kalau terlalu sering makan junk food atau camilan berlemak tinggi, kesehatan rambut bisa terganggu sehingga mudah rontok, kusam dan tidak bercahaya. So perhatikan lagi yuk daftar makanan sehari-hari! Pastikan kamu memilih makanan dengan gizi seimbang dan kaya serat agar rambut tidak rontok dan selalu dalam kondisi prima.